Ini Langkah-langkah Agar Email Kamu Tak Bisa Diretas

Ini Langkah-langkah Agar Email Kamu Tak Bisa Diretas Foto: REUTERS/Mike Blake/Files

Bareskrim Polri membongkar sindikat Internasional Indonesia-Nigeria terkait peretasan pada email di perusahaan asal Althea Italy S.p.a. Sindikat ini berusaha menipu dengan cara melakukan pembelian peralatan medis yaitu ventilator Covid-19.

Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo mengatakan ada sembilan langkah ampuh untuk menghindari dari upaya peretasan email dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

"Setidaknya ada sembilan langkah yang perlu dilakukan masyarakat untuk mengantisipasi terjadinya peretasan email," katanya dalam keterangan tertulisnya, Selasa (8/9).

Baca Juga: Padukan Email & Messenger, Lark Mail Punya Fitur Video Calling

Pertama lengkapi pemeriksaan keamanan akun email secara rutin di Pemeriksaan Keamanan. Kemudian dapat menambahkan nomor ponsel dan alamat email pemulihan akun, serta mengaktifkan verifikasi dua langkah (two step verification). Tambahkan juga perintah ponsel, pasang Google Authenticator (apabila email Gmail), menyiapkan nomor ponsel cadangan dan menyiapkan rangkaian kode cadangan.

Kedua membuat kata sandi yang rumit agar menjaga akun tetap aman. Gunakan kata sandi yang berbeda untuk setiap akun agar apabila ada satu akun yang terjadi peretasan, akun lain tidak mengalami peretasan. Sebaiknya gunakan kata sandi yang dapat diingat dengan baik dan tidak membagikan akun kepada pihak lain.

Ketiga jangan mudah tergoda terhadap situs maupun email yang menjanjikan sesuatu, misalnya gems gratis atau iPhone gratis. Waspadai penipuan yang mengatasnamakan Google yang bisa berdampak menjadi peretasan. Jika ragu dengan situs tersebut, sebaiknya tidak memasukkan identitas diri.

Keempat lakukan pemindaian secara berkala pada perangkat yang digunakan untuk menghindari virus maupun malware yang dapat mendeteksi kata sandi digunakan. Jika menggunakan Chrome,  dapat mengikuti langkah membersihkan Chrome dari perangkat lunak perusak dan memindai komputer dengan alat pembersih Chrome. Perbarui juga aplikasi browser dan antivirus secara berkala agar tetap terbarui dan menghindari peretasan.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini