MOBIUS, Platform Perbankan Komprehensif di Era Baru

MOBIUS, Platform Perbankan Komprehensif  di Era Baru Foto: WE

Silverlake Axis Ltd (SAL), penyedia solusi core banking universal untuk  bank tier 1 dan 2  di ASEAN meluncuran MOBIUS, platform perbankan terbuka berbasis cloud (cloud-native) di ajang Kongres Asian Financial Services (AFS) ke-16 baru-baru ini.

MOBIUS adalah Platform Perbankan Terbuka (Open Banking Platform) strategis dari Silverlake yang memadukan kemampuan digital dengan kemampuan pemrosesan core banking. Perpaduan ini menciptakan platform aplikasi yang komprehensif  yang sepenuhnya digital terpadu dan terbuka untuk perbankan komersial.

Dengan pencapaian Silverlake Axis melalui MOBIUS para pelaku industri dapat membawa sistem core banking mereka ke dalam platform MOBIUS sehingga dapat mengintegrasikan seluruh operasional mereka dalam satu platform utama.

Industri perbankan, seperti industri lain, telah menghadapi, memahami, dan mempersiapkan diri untuk  beroperasi di dunia yang sama-sakali berbeda. Dalam diskusi utama di kongres AFS - Choo Soo Ching, Managing Director Silverlake Digital Economy dan Cyrus Daruwala, Managing Director IDC Financial Insights, sependapat bahwa bank-bank di Asia akan menghadapi dunia baru ini dengan membuat dua rencana agresif untuk  masuk ke pasar:  Membangun aliran pendapatan baru dengan menciptakan ekosistem yang terkonksi, memonetisasi data dan menjadikan perbankan (dan bekerja di bank) sebagai pengalaman yang sama sekali 'berbeda; 

mempercepat kemampuan digital dengan menciptakan bank yang dinamis, lincah, dan terkoneksi, sehingga siap menghadapi berbagai guncangan sistemik yang bersifat global seperti saat ini.

MOBIUS memungkinkan bank memadukan layanan pelanggan industri standar yang hasil kreasi MÖBIUS dengan beragam layanan-yang dipersonalisasi, layanan ekosistem dan layanan disruptif inovatif yang dapat dikonfigurasi tanpa memerlukan coding lagi. Seluruh layanan ini dibangun oleh MOBIUS yang mendukung pengembangan oleh DEVOPS; seluruh pengembangan dilakukan berbasis container dan dioptimalkan untuk infrastruktur cloud yang dipilih bank, baik public, private atau pun hybrid.

Andrew Tan, Group Managing Director Silverlake Axis mengakui bahwa sekarang adalah waktu terbaik bagi bank untuk secara strategis mengevaluasi dan mengubah system core banking dengan sistem yang lebih lincah, terkoneksi, dan siap digunakan di masa depan. 

“Banyak bank mengatakan kepada kami bahwa mereka tengah memikirkan kembali model bisnis mereka dan siap melakukan apa pun agar bisa relevan, karena sekarang perekonomian dan industri mulai dibuka kembali,” kata Andrew.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini