Kuliah di Universitas Pertamina Jalur Nontes Masih Terbuka

Kuliah di Universitas Pertamina Jalur Nontes Masih Terbuka Foto: Universitas Pertamina

Kabar gembira bagi siswa-siswi Sekolah Menengah Atas/sederajat yang telah menyelesaikan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) beberapa waktu lalu, tetapi belum berkesempatan untuk berkuliah di PTN yang diinginkan.

Beberapa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia memberikan kesempatan kepada siswa-siswi untuk masuk melalui jalur nontes dengan mengirimkan nilai UTBK yang telah diikuti. Salah satunya adalah kampus milik PT Pertamina (Persero), yakni Universitas Pertamina.

Baca Juga: Ini 10 Universitas yang Paling Banyak Mencetak Miliarder Dunia

Periode pendaftaran untuk Seleksi Jalur Nilai UTBK di Universitas Pertamina telah dibuka sejak tanggal 29 Agustus hingga 10 September 2020 mendatang. Siswa-siswi dapat melakukan pendaftaran, pembayaran biaya seleksi, dan pengisian data diri pada kurun waktu tersebut.

Biaya pendaftaran untuk Seleksi Jalur Nilai UTBK adalah Rp150.000 untuk kelompok ujian IPA dan IPS, serta Rp200.000 untuk kelompok ujian IPC. Siswa-siswi dapat memilih 4 (empat) program studi yang ada di Universitas Pertamina, disesuaikan dengan kelompok ujiannya. Pengumuman hasil seleksi akan disampaikan pada minggu ke-3 bulan September tahun 2020.

Berikut merupakan daftar program studi yang ada di Universitas Pertamina: 1) Teknik Geologi 2) Teknik Geofisika 3) Teknik Perminyakan 4) Teknik Kimia 5) Teknik Mesin 6) Teknik Logistik 7) Teknik Elektro 8) Kimia 9) Ilmu Komputer 10) Teknik Sipil 11) Teknik Lingkungan 12) Ekonomi 13) Manajemen 14) Komunikasi 15) Hubungan Internasional.

Adapun seluruh rangkaian pendaftaran dilakukan secara daring (online) dan informasinya dapat dibaca melalui situs https://universitaspertamina.ac.id/pendaftaran/ 

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Pertamina, Prof. Dr. Ir. Ichsan Setya Putra, mengatakan bahwa Seleksi Jalur Nilai UTBK ini diharapkan memotivasi para siswa untuk menemukan peluang berkuliah di perguruan tinggi swasta yang berkualitas.

"Kami berharap, seleksi mahasiswa baru melalui jalur nilai UTBK ini juga dapat menambah semangat para peserta didik yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di tengah pandemi Covid-19. Semoga kita semua senantiasa diberikan kesehatan dan perlindungan dan semoga pandemi ini dapat segera berakhir," tutupnya.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini