Aneh, Tentara India dan China di Wilayah Ini Damai-damai Aja

Aneh, Tentara India dan China di Wilayah Ini Damai-damai Aja Foto: Reuters/Adnan Abidi

Sebuah momen unik terjadi di wilayah Arunachal Pradesh, perbatasan India-China. Di saat tentara India dan China terlibat baku tembak di wilayah Danau Pangong (Pangong Tso), personel militer kedua negara di Arunachal Pradesh malah terlihat berdamai.

Terungkap sebuah foto yang diunggah akun Twitter resmi terverifikasi, milik Komando Timur Angkatan Darat India. Dalam foto itu, tampak pasukan Angkatan Darat India bertatap muka dengan pasukan Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA), di wilayah Arunachal Pradesh.

Baca Juga: Serat Optik Indonesia Bebas Bea Tambahan di India

Pertemuan ini rupanya diinisiasi oleh pasukan Angkatan Darat India di wilayah tersebut. Tentara India ini menyerahkan sejumlah hewan ternak, 13 ekor sapi yak dan empat anak sapi, kepada pasukan China.

Dalam keterangannya, Komando Timur Angkatan Darat India menyebut hewan-hewan ternak itu tersesat saat melintasi Garis Kontrol Aktual (LAC), dan masuk ke wilayah India, pada 31 Agustus 2020 lalu. Oleh sebab itu, dengan inisiatifnya pasukan India mengembalikan hewan-hewan ternak itu kepada tentara China.

"Sebagai isyarat manusiawi, Angkatan Darat India menyerahkan 13 Yak dan empat Anak Sapi yang tersesat melintasi LAC pada 31 Agustus 20 di Kameng Timur, Arunachal Pradesh kepada China pada 07 20 Sep. Pejabat China yang hadir berterima kasih kepada Angkatan Darat India atas sikap welas asihnya," bunyi pernyataan Komando Timur Angkatan Darat India di Twitter.

Momen ini jelas berbeda jauh dengan apa yang terjadi di Pangong Tso. Sebab seperti yang diketahui, sejumlah pasukan Angkatan Bersenjata India (BSS) terlibat baku tembak dengan pasukan Tentara Pembebasan Rakyat China.

Sebelumnya, juru bicara Komando Teater Barat Tentara Pembebasan Rakyat China, Kolonel Zhang Shuili, menyatakan bahwa pasukannya melakukan tindakan balsan sebagai respons aksi provokasi pasukan India. Militer China mengklaim jika tentara India menembaki pasukan patroli China lebih dulu.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada laporan terkait korban jiwa maupun luka-luka dalam insiden itu. Tak hanya itu, hingga saat ini juga pihak militer India belum memberikan pernyataan apapun pasca peristiwa itu.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini