Selama 6 Bulan, Taylor Swift Gak Tergeser dari Puncak Billboard

Selama 6 Bulan, Taylor Swift Gak Tergeser dari Puncak Billboard Foto: Reuters/Steve Marcus

Album terbaru Taylor Swift, Folklore, masih bertengger di puncak tangga lagu Billboard 200. Akhir pekan lalu adalah pekan ke enam album tersebut berada di posisi puncak.

Dilansir di laman Billboard, Selasa (8/9/2020), hal ini membuat “Folklore” menjadi album dengan pekan terbanyak menempati puncak tangga lagu. Bila dibandingkan dengan album lain, "Folklore" berhasil mencetak rekor di posisi puncak dengan waktu terlama  sejak hampir empat tahun.

Baca Juga: Ketahuan Syuting di Tanah Uighur, Boikot Mulan Makin Gencar

“Folklore” memperoleh 90.000 unit album di AS dalam pekan yang berakhir 3 September lalu. Posisi yang terus berada di puncak beberapa pekan ini membuat “Folklore” menggeser album “Views” milik Drake. Swift juga berhasil menyamakan kedudukan albumnya dengan Whitney Houston di kategori penyanyi perempuan.

Tangga lagu Billboard 200 memberi peringkat album paling populer dalam sepekan di AS berdasarkan konsumsi multi-metrik yang diukur dalam unit album yang setara. Unit terdiri dari penjualan album, yakni album setara lagu (TEA), dan album setara streaming (SEA).

“Folklore” memperoleh penjualan album mencapai 51.000 (turun 2 persen), unit SEA terdiri dari 38.000 (turun 15 persen), dan total unit TEA 1.000 (turun 14 persen). Hasil ini menyamakan kedudukannya dengan Whitney Houston.

Houston pernah mendapatkan empat album No. 1: debut self-titled-nya (14 minggu di No. 1 pada 1986), album keduanya Whitney (11 pada 1987), soundtrack The Bodyguard (20 pada 1992-93), dan I Look to You. Kemudian, Adele pernah menduduki puncak tangga lagu selama 34 pekan.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini