Anies Ditinggal Walkout 4 Fraksi DPRD DKI, PDIP Bertahan

Anies Ditinggal Walkout 4 Fraksi DPRD DKI, PDIP Bertahan Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso

Sidang paripurna pengesahan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P2APBD) Tahun 2019 DKI Jakarta di ruang rapat paripurna Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin, 7 September 2020, muncul penolakan.

Laporan pertanggungjawaban yang dibacakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan itu menuai penolakan dari empat fraksi DPRD DKI. Keempat fraksi, yaitu Golkar, PSI, PAN, dan Nasdem, memutuskan untuk walkout setelah melontarkan kritik atas laporan pertanggungjawaban Anies.

Baca Juga: Video Anies Baswedan Soal Sumbar Viral Lagi Gara-gara...

Mereka memutuskan untuk tidak melanjutkan mengikuti Rapat Paripurna yang digelar tersebut.  "Golkar menolak PA2APBD, izinkan Golkar walkout," ujar Ketua Fraksi Golkar DPRD DKI Jakarta Basri Baco di lokasi, Senin (7/9/2020).

Kemudian, anggota DPRD DKI dari Fraksi PAN, Nasdem, dan PSI menyusul keluar dari ruang Rapat Paripurna. Tak hanya dia, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Fraksi PAN Zita Anjani pun keluar dari ruang sidang.

Meski mendapat penolakan, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi tetap melanjutkan dan mengesahkan PA2PBD 2019 karena jumlah anggota DPRD DKI yang ada di ruang paripurna masih memenuhi kuorum.

"Ada lebih di Ruang Rapat Paripurna 50 orang secara keputusan ini sah. Saya ingin menanyakan kepada forum rapat paripurna dewan yang terhormat ini, apakah rancangan peraturan daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD provinsi DKI Jakarta tahun anggaran 2019 untuk ditetapkan untuk menjadi peraturan daerah, dapat disetujui," ujar Prasetio.

Beberapa fraksi yang tetap berada di ruang paripurna hingga disahkan yaitu fraksi PDI Perjuangan, Gerindra, Demokrat, PKS, PKB, dan PPP. Mereka tetap menyetujui pembahasan dan pengesahan PA2APBD DKI 2020.

"Setuju," jawab seluruh fraksi. Disambut ketukan palu Ketua DPRD DKI sebagai tanda pengesahan pembahasan tersebut.

Meskipun ada empat fraksi yang walkout, Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan tetap mengapresiasi pimpinan dan anggota dewan atas kecermatan, ketelitian, dan kesungguhan dalam mencermati dan menelaah seluruh substansi materi Rancangan Peraturan Daerah tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2019.

"Seluruh dokumen tadi 26 halaman insyaallah menjadi perhatian untuk kita sama-sama tindak lanjuti. Jajaran eksekutif mengikuti dengan saksama dan kesungguhan apa yang telah disampaikan dan Insyaallah pembahasan yang akurat, intensif tentang rancangan Perda pertanggungjawaban P2APBD 2019," kata Anies.

"Insyaallah dengan baik sehingga akan memberikan persetujuan kepada Perda ini. Sejalan dengan komitmen dan tekad kita bersama untuk mewujudkan tertib dan pemerintahan yang bersih," ujarnya.

Ia juga turut mengucapkan dukungan dan kerja keras segenap pimpinan perangkat daerah Pemprov DKI beserta seluruh jajaran sampai ke tingkat kelurahan dan kecamatan terhadap pelaksanaan pengelolaan keuangan DKI tahun 2019.

"Kita berharap ke depannya pengelolaan menjadi lebih baik, transparan, dan akuntabel," katanya. 

Anies menambahkan, kemitraan yang terjadi selama ini akan terus ditingkatkan. Dukungan tersebut memliki nuansa profesionalisme dan harapannya akan bisa mendorong wajah baru Jakarta dan  penyelenggaraan pemerintah yang transparan dan akuntabel untuk menuju tata kelola lebih baik dan pelayanan publik lebih baik.

"Berdasarkan kemitraan yaang terjalin selama ini, kami yakin Isnyaallah program yang kita laksanakan ke depan akan bisa mencapai hasil yang optimal, bernilai manfaat bagi seluruh masyarakat dan kota Jakarta, apa yang disampaikan insyaallah menjadi perhatian khusus, insyaallah akan kita sama-sama laksanakan demi kemajuan masyarakat Jakarta," tuturnya.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini