Kisah Orang Terkaya: Tadashi Yanai, Bos Uniqlo Berharta Rp470 T

Kisah Orang Terkaya: Tadashi Yanai, Bos Uniqlo Berharta Rp470 T Foto: REUTERS/Issei Kato

Pendiri perusahaan Fast Retailing yang menaungi brand Uniqlo, Tadashi Yanai merupakan orang terkaya ke-41 dunia. Ia menjadi miliarder berharta USD31,8 miliar (Rp470 triliun), menurut Forbes dan orang terkaya nomor satu di Jepang.

Yanai lahir di Ube, Yamaguchi, Jepang pada tanggal 7 Februari 1949. Ia lulus dari Sekolah Menengah Atas Ube dan juga sarjana dari Universitas Waseda dengan gelar di bidang Ilmu Ekonomi dan Politik, lulus pada tahun 1971. Pamannya merupakan seorang aktivis penghapusan diskriminasi kelas bawah yang disebut Burakumin (kelompok minoritas masyarakat Jepang).

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Vladimir Potanin, Orang Terkaya di Rusia

Pada tahun 1971 setelah lulus, Yanai bekerja dengan menjual peralatan dapur dan pakaian pria di supermarket JUSCO. Setelah setahun bekerja di JUSCO, dia berhenti dan memutuskan untuk bergabung dengan toko jahit yang dimiliki ayahnya.

Awalnya dia enggan untuk membantu bisnis penjahit milik keluarganya. Namun, akhirnya Yanai pulang dan membantu mengelola bisnis jas dan dasi milik ayahnya itu. Dari situlah insting fashion Yanai mulai terasah. Hingga pada 1984 Yanai meluncurkan toko pakaian pertama miliknya.

Berlokasi di Hiroshima, Yanai menamai tokonya Unique Clothing Warehouse. Selang satu tahun, Yanai mulai menambah cabang tokonya dan mengubah namanya menjadi Uniqlo. Fast Retailing pun terbentuk pada tahun 1991.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini