Operator Kanada Perluas Jaringan 5G, Gandeng Huawei Enggak?

Operator Kanada Perluas Jaringan 5G, Gandeng Huawei Enggak? Foto: Foto/Ilustrasi/Sindonews/Ian

Operator telekomunikasi Kanada, Rogers Communications, mengumumkan perluasan jaringan 5G pada akhir 2020, tanpa komponen teknologi Huawei. Lantas, perangkat keras siapa yang akan Kanada gunakan?

Menguitp lamanĀ Prince George Citizen, Senin (7/9/2020), peluncuran teknologi 5G ke komunitas 25 SM itu bakal memanfaatkan perangkat Ericsson. Dengan begitu, Rogers akan menambahkan opsi jaringan 5G ke puluhan kota baru.

"Itu akan memperluas jaringan 5G ke 50 kota baru di Kanada per 1 September dan lebih dari 60 pasar pada 31 Desember," begitu bunyi laporan tersebut.

Baca Juga: Wajib Copot Teknologi Huawei, Operator Desa Amerika Butuh Rp27 T

Baca Juga: Cara Gunakan Google Meet Tanpa Install Aplikasi

Rogers sendiri memulai peluncuran 5G di pusat Kota Vancouver, Montreal, Ottawa, dan Toronto pada Januari. Kini, perusahaan berupaya memperluas jangkauannya.

Presiden Wilayah Rogers Communications BC, Rick Sellers menyebut, "5G mewakili transformasi teknologi besar-besaran yang akan mengubah cara masyarakat hidup dan bekerja."

Soal Huawei, bukan hal aneh kalau Kanada mengecualikan jaringan 5G perusahaan yang berbasis di Shenzhen. Sebab, Wakil Ketua Rogers, Philip Lind pada Mei 2020 menyebut Huawei terlalu dekat dengan Beijing.

"Huawei merupakan ancaman bagi Kanada dan harus dilaranng dari jaringan 5G nasional," ujarnya.

Selain Rogers, Telus Corp yang berbasis di Vancouver juga memilih meluncurkan jaringan 5G bersama Ericsson dan Nokia. Padahal, hingga Februari lalu, perusahaan telekomunikasi itu masih bersedia bekerja sama dengan Huawei--menurut Kepala Keuangan Telus, Doug French.

Shaw Communications juga mengungkapkan, jaringan 5G yang perusahaannya kembangkan tak berisi peralatan Huawei.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini