Perusahaan Ini Kantongi Puluhan Miliar dari Jual Saham ke Publik

Perusahaan Ini Kantongi Puluhan Miliar dari Jual Saham ke Publik Foto: Sufri Yuliardi

PT Kurniamitra Duta Sentosa Tbk perusahaan yang bergerak di bidang food services secara resmi tercatat di Bursa Efek Indonesia dengan Kode Saham (Ticker Code) “KMDS”. Dalam pelaksanaan Penawaran Umum Perdana Saham (IPO) yang dilakukan sejak tanggal 31 Agustus 2020 sampai dengan 1 September 2020 Perseroan menerbitkan saham biasa sebanyak 160 juta lembar saham baru dengan nilai nominal Rp100 setiap saham atau sebanyak 20% dari seluruh total modal disetor penuh setelah IPO.

Harga Penawaran dipatok sebesar Rp300 setiap saham sehingga dana yang diperoleh Perseroan melalui pelaksanaan IPO ini adalah sebesar Rp48 miliar.

Bersamaan dengan Penawaran Umum tersebut, Perseroan mengadakan Program Employee Stock Allocation (ESA) dengan mengalokasikan saham sebanyak 3.2 juta saham atau sebesar 2% dari jumlah saham yang ditawarkan.Saham KMDS ditetapkan pula oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai efek syariah, dengan keputusan tersebut maka saham KMDS masuk dalam Daftar Efek Syariah (DES).

Baca Juga: Patuhi Aturan OJK Soal Modal, Bank Asal Bandung Pilih Jual Saham

Dalam keterangannya, Direktur Utama Perseroan, Hengky Wijaya mengatakan bahwa dana yang akan diperoleh dari hasil penawaran umum ini setelah dikurangi biaya emisi akan digunakan untuk modal kerja Perseroan sebagai pembelian barang dagangan, baik makanan ataupun minuman, baik dengan pihak afiliasi maupun dengan pihak tidak terafiliasi.

“Serta memperluas jaringan pemasaran dengan pendistribusian ke daerah-daerah lain, serta promosi-promosi yang dilakukan ke daerah lain yang belum dijangkau guna mendukung pertumbuhan berkelanjutan kedepannya,” ucapnya, Jakarta, Senin (7/9/2020).

Baca Juga: Ampun Dah! Puluhan Saham Kena Semprit BEI Gara-Gara....

Menurutnya, perseroan mencatatkan dan menawarkan sahamnya untuk bertransformasi dan melanjutkan pertumbuhannya di industri food & beverages tanah air dengan menciptakan pertumbuhan dan sinergi yang berkelanjutan serta memiliki tata kelola yang lebih baik dan profesional dalam menjalankan kegiatan usahanya.

Pihak yang bertindak selaku Penjamin Pelaksana Emisi dalam IPO Perseroan ini adalah PT Victoria Sekuritas Indonesia. Direktur PT Victoria Sekuritas Indonesia, R.A. Wisnu Widodo, menyatakan keyakinannya terhadap prospek usaha Perseroan ke depan, mengingat bisnis Perseroan memiliki market share yang memiliki potensi untuk bertumbuh dengan dukungan permintaan konsumsi masyarakat kelas menengah, akan menjadi katalis positif bagi penjualan produk makanan-minuman yang didistribusikan oleh Perseroan di masa mendatang.

“Berdasarkan laporan penjatahan yang diterbitkan BAE pada tanggal 3 September 2020, diketahui adanya Oversubscribed pesanan saham sebanyak 1,26 kali dari total penawaran atau 26,70 kali dari porsi pooling,” tutupnya.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini