Utang Jabar Capai Rp4 T, Yang Bayar Siapa Nih Kang Emil?

Utang Jabar Capai Rp4 T, Yang Bayar Siapa Nih Kang Emil? Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay

Mulai anggaran perubahan 2020 akan ada nomenklatur baru dalam APBD Provinsi Jawa Barat yang akan berlangsung selama 10 tahun.

Pemprov Jabar sendiri akan melakukan pinjaman daerah sebesar Rp4 triliun dari PT Sarana Multi Infrastruktur (PT SMI).

Dana tersebut semestinya digunakan Pemprov Jabar dalam upaya Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan sudah mendapat rekomendasi Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) Kementerian Keuangan RI.

Baca Juga: Bahas Utang, Said Didu Disekolahin Jubir Kemenkeu: Ini Datanya..

Baca Juga: Mbak Puan: Beban Utang Semakin Besar

Anggota Badan Anggaran (Bangar) DPRD Provinsi Jawa Barat, Daddy Rohanady membenarkan pinjaman tersebut. 

Daddy menjadi salah satu perwakilan Badan Anggaran DPRD Jabar yang bertemu Direktur Utama PT SMI, Edwin Syahruzad di Jakarta, Senin (31/8/2020) lalu.

"Total pinjaman Rp 4 triliun. Adapun rinciannya, Rp.1,9 triliun untuk di APBD Perubahan tahun 2020 dan sebesar Rp 2,1 triliun untuk APBD Murni tahun 2021," ujar Daddy ketika dihubungi lewat telpon selulernya, Senin (7/9/2020).

Ketika ditanya soal bunga pinjaman, dewan dari dapil Jabar 12 (Cirebon-Indramayu) itu menyebutkan, Interest ratenya (suku bunga) nol (0) persen dengan tenor (jangka waktu), 10 tahun.

Atas pinjaman tersebut, Pemprov Jabar dikenakan biaya provisi 1% (= Rp 40 miliar). Sedangkan biaya administrasi sebesar 0,815% (= Rp 7,4 miliar).

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini