China pada India: Kami Gak Biarkan Sejengkal Tanah Hilang

China pada India: Kami Gak Biarkan Sejengkal Tanah Hilang Foto: Reuters/Danish Ismail

China mengklaim tak akan kehilangan sejengkal pun tanahnya di wilayah perbatasan dengan India. Hal itu diungkapkan usai pejabat China bertemu dengan Menteri Pertahanan India Rajnath Singh, belum lama ini.

Seperti dilansir di NDTV, India disebut sepenuhnya bertanggung jawab atas kebuntuan perbatasan di Ladakh dan China mengklaim tidak akan kehilangan satu inchi pun dari wilayahnya.

Baca Juga: India Serang China Tiba-tiba, Muncul Ketakutan Perang Ketiga

"China tidak akan kehilangan satu jengkal pun dari wilayah perbatasan," klaim pemerintah China dalam keterangan resminya.

China menyalahkan India atas meningkatnya ketegangan di sepanjang Garis Kontrol Aktual (LAC) yang berfungsi sebagai perbatasan de facto antara kedua negara.

India pun menanggapi tidak lama setelah itu, dengan Kementerian Pertahanan mencatat bahwa tindakan China, termasuk mengumpulkan sejumlah besar pasukan, perilaku agresif, dan upaya untuk mengubah status quo secara sepihak merupakan tindakan melanggar perjanjian bilateral.

"Penyebab dan kebenaran dari ketegangan saat ini di perbatasan China-India sudah jelas, dan tanggung jawab sepenuhnya ada pada India," bunyi pernyataan resmi dari China itu.

Menurutnya, China tidak dapat kehilangan satu inchi pun dari wilayahnya, Angkatan China percaya diri mampu serta menjaga kedaulatan nasional dan integritas teritorial negara Tirai Bambu tersebut.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini