Kisah Orang Terkaya: Vladimir Potanin, Orang Terkaya di Rusia

Kisah Orang Terkaya: Vladimir Potanin, Orang Terkaya di Rusia Foto: REUTERS/Maxim Shemetov

Salah satu miliarder Rusia, Vladimir Potanin adalah orang terkaya ke-41 di dunia. Ia merupakan sosok yang dekat dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Berdasarkan data Forbes Real-Time Net Worth, Potanin memiliki harta USD23,6 miliar (Rp347,7 triliun). Ia menduduki posisi orang terkaya ke-41 dunia dan orang terkaya di Rusia.

Kehidupan Awal dan Karir

Potanin lahir di Moskow, 3 Januari 1961. Keluarganya merupakan keluarga komunis berpangkat tinggi di mana sang ayah adalah seorang diplomat. Pada 1978, ia berkuliah di fakultas hubungan ekonomi internasional di Moscow State Institute of International Relations (MGIMO), yang mendidik mahasiswa untuk Kementerian Luar Negeri. Setelah lulus, ia pun sempat bekerja dengan Kementerian Perdagangan Luar Negeri Uni Soviet pada 1983.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Dieter Schwarz, Miliarder Ritel Asal Jerman

Pada tahun 1991, Potanin keluar dari Kementerian Perdagangan Luar Negeri dan mendirikan perusahaan konglomerat Interros Company dengan ilmu yang ia dapatkan selama bekerja di kementerian tersebut. Perusahaan yang ia bangun masih berjaya hingga kini.

Pada tahun 1993, Potanin menggunakan kontak pemerintah untuk mendirikan Onexim Bank, yang mengendalikan raksasa industri hingga ia menjadi Presiden United Export Import Bank. Pada tahun 1995, Potanin berperan penting dalam penciptaan lelang pinjaman untuk saham yang menjadi pilar fundamental dari reformasi ekonomi pasca-Soviet Rusia.

Di tahun itu juga Potanin mengakuisisi saham Norilsk Nickel selama privatisasi Rusia, hari ini dia memiliki lebih dari sepertiga perusahaan.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini