HNW: 4 Pilar MPR Jadikan Rujukan Kampanye Pilkada Serentak

HNW: 4 Pilar MPR Jadikan Rujukan Kampanye Pilkada Serentak Foto: Humas MPR

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid berharap visi misi, program, dan kampanye kandidat yang berkontestasi dalam Pilkada Serentak 2020 agar merujuk dan tidak keluar dari bingkai Empat Pilar MPR (Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika).

"Setiap kandidat kepala daerah baik dalam Pilgub, Pilbub, dan Pilwalkot hendaknya menjadikan Empat Pilar MPR sebagai rujukan dalam program-program atau materi kampanye dalam Pilkada Serentak," kata Hidayat Nur Wahid dalam diskusi dengan tema MPR Rumah Kebangsaan di Hotel Aston, Banten, Sabtu petang (5/9/2020). 

Diskusi ini digelar bersamaan dengan Press Gathering Pimpinan dan Anggota MPR dengan Koordinatoriat Wartawan MPR/DPR RI yang diikuti sekitar 90 wartawan. Selain HNW, narasumber dalam diskusi ini adalah Arwani Thomafi (Ketua Fraksi PPP MPR), Andi Akmal Pasludin (Sekretaris Fraksi PKS MPR), dan Instiawati Ayus (Ketua Kelompok DPD di MPR).

Baca Juga: Bamsoet: Butuh SDM Unggul Berhati RI & Berideologi Pancasila

Baca Juga: Benarkah PDIP Akan Bubarkan MUI Demi Keutuhan Pancasila?

HNW berbicara tentang isu politik terkini dikaitkan dengan peran MPR sebagai rumah kebangsaan. Dia mengulas Pilkada Serentak 2020 sebagai isu politik terkini bersamaan dengan tahapan pendaftaran para calon kepala daerah untuk mengikuti kontestasi dalam Pilkada Serentak.

Dikaitkan dengan MPR sebagai rumah kebangsaan, Hidayat menyebutkan komitmen MPR untuk terus menyosialisasikan Empat Pilar MPR ke seluruh elemen masyarakat. "Sebagai rumah kebangsaan, MPR tetap berkomitmen untuk terus mensosialisasikan Empat Pilar MPR," ujarnya.

Menurut Hidayat, MPR sebagai rumah kebangsaan adalah tempat berhimpunnya anggota DPR dan anggota DPD. Pimpinan MPR yang berjumlah 10 orang merepresentasikan kekuatan politik di Indonesia. Meski datang dari latar belakang politik yang berbeda, pimpinan MPR tetap kompak dan guyub.

"Ini menunjukkan bangsa Indonesia mempunyai modal yang sangat kuat menghadapi tantangan dan ancaman apapun. Kita tetap kuat dan bisa mengatasi berbagai persoalan bangsa dengan modal besar itu," katanya.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini