Sejumlah Pasien Coba Vaksin Covid-19 Buatan Rusia, Hasilnya?

Sejumlah Pasien Coba Vaksin Covid-19 Buatan Rusia, Hasilnya? Foto: IStockPhoto/Manjurul

Vaksin Covid-19 dari Rusia bernama Sputnik V telah mengalami masa uji coba pertamanya beberapa waktu lalu. Dikatakan ada sekitar 38 orang yang bersedia untuk disuntik oleh vaksin buatan Rusia ini. Adapun dari hasil tes tersebut, Vaksin Sputnik V ini mendapatkan catatan yang cukup baik.

Sputnik V menghasilkan respon antibodi awal yang bagus pada semua pasien yang disuntik oleh vaksin tersebut. Yang dimaksud antibodi tersebut ialah Sputnik V menghasilkan zat yang menetralisir efek pandemi Covid-19. Ini lebih kuat 1,4-1,5 kali dibandingkan antibodi bawaan yang ada pada tubuh seseorang.

Baca Juga: Kabar Gembira, Vaksin Rusia Berhasil Picu Imun Tubuh

"Hasil percobaan selama 42 hari - termasuk pengujian pada 28 orang dewasa - tidak melihat adanya dampak serius dari penggunaan vaksin ini pada partisipan. Dan terbukti bahwa semua kandidat memperoleh respon antibodi.

"Uji coba jangka panjang yang besar termasuk perbandingan plasebo dan pemantauan lebih lanjut diperlukan untuk menetapkan keamanan jangka panjang dan efektivitas vaksin untuk mencegah infeksi Covid-19," jelas peneliti dari Institut Gamaleya selaku pengembang Sputnik V.

Karena keberhasilan mereka tersebut, Rusia akan segera mendaftarkan vaksin Sputnik V agar bisa digunakan pada wilayah Rusia untuk saat ini. Meskipun begitu, mereka masih belum berani untuk menjual produk ini dalam skala besar ke negara-negara lainnya.

Langkah selanjutnya untuk uji coba vaksin Sputnik V akan melibatkan lebih banyak orang. Sekitar 40.000 orang pasien akan disuntikan obat ini demi menyembuhkan mereka dari pandemi Covid-19.

Lihat Sumber Artikel di Pikiran Rakyat Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Pikiran Rakyat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Pikiran Rakyat.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini