China Mau Bangun Pangkalan Militer di Indonesia, Ini Peringatan!

China Mau Bangun Pangkalan Militer di Indonesia, Ini Peringatan! Foto: Reuters/Damir Sagolj

Anggota Komisi I DPR RI, Sukamta turut angkat bicara mengenai adanya informasi sejumlah negara masuk dalam rencana China untuk pembangunan pangkalan militer di kawasan Asia Tenggara. Salah satu negara yang ditargetkan untuk membangun pangkalan militer China tersebut adalah Indonesia. Sukamta menyatakan, terhadap munculnya informasi itu perlu diteliti lebih dalam. Karena bisa saja informasi tersebut dilontarkan untuk tujuan tertentu.

"Karena boleh jadi itu bagian dari pertarungan perebutan pengaruh antarnegara besar. Yang penting info tersebut perlu menjadi masukan bagi kita dan harus dikaji secara mendalam," kata Sukamta kepada wartawan, Sabtu 5 September 2020.

Baca Juga: Soal Isu Pangkalan Militer China di Indo, Menlu Tegas Buka Suara

Meskipun belum diketahui kebenarannya, Sukamta mengatakan informasi ini bisa menjadi peringatan agar Indonesia bisa mengantisipasi hal tersebut. Pemerintah Indonesia dinilai harus me.perhatikan adanya ancaman tersebut.

"Walaupun saat ini belum direalisasikan tetapi setidaknya ada kemauan atau niat dari Tiongkok. Info tersebut paling tidak memberi kita peringatan akan adanya agenda dan operasi dari negeri Tiongkok dan boleh jadi Amerika terhadap negeri-negeri yang disebut, terutama Indonesia. Ini yang harus diwaspadai." Ujar Sukamta.

Baca Juga: Geger RI Jadi Pangkalan Militer China, Retno Tangkis Pentagon

Ketua DPP PKS Bidang Pembinaan dan Pengembangan Luar Negeri ini menambahkan bahwa Indonesia harus menjaga agar politik luar negeri Indonesia terjaga bebas aktif. Sukamta juga memberikan apresiasi sikap Kemenlu RI yang tegas dalam mempertahankan arah politik Indonesia yang tidak memihak.

"Kita minta pemerintah terus konsisten agar tidak condong terhadap tarikan negara-negara besar. Supaya bisa terus menjaga sikap bebas aktif secara politik, maka pemerintah RI harus menjaga supaya secara ekonomi tetap mandiri tidak berutang budi terhadap Tiongkok," Ujar Sukamta

Indonesia diminta untuk mengurangi ketergantungan terhadap negeri tirai bambu tersebut. "Kalau utang budi terlalu banyak pasti akan sulit menghadapi tekanan bila saatnya mereka menagih kepada Indonesia," ujarnya.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini