India Serang China Tiba-tiba, Muncul Ketakutan Perang Ketiga

India Serang China Tiba-tiba, Muncul Ketakutan Perang Ketiga Foto: Techcrunch

Pasukan India melancarkan serangan mendadak pada malam hari ke Tiongkok menyebabkan ketegangan di dua negara semakin panas. Operasi tersebut terlihat dari pasukan India merebut pos terdepan di Himalaya di perbatasan Tiongkok.

Langkah India ini memicu kekhawatiran baru akan perang terbuka antara dua kekuatan regional yang dapat memicu konflik global.

Dikutip dari Express, pada Juni 2020 lalu, sekiranya 20 tentara India tewas dalam pertempuran tangan kosong dengan Tiongkok di sepanjang perbatasan yang diperebutkan.

Baca Juga: Soal Isu Pangkalan Militer China di Indo, Menlu Tegas Buka Suara

Baca Juga: Menohok, Opung Luhut Balas Orang-orang Anti-China: Hatinya Busuk!

Pejaba India mengklaim pesukan mereka mendaki gunung selama enam jam untuk mencapai posisi strategi di Danau Pangong, Himalaya. Langkah tersebut dilaporkan dilakukan sebagai pembalasan atas gangguan baru-baru ini di perbatasan oleh pasukan Tiongkok.

Posisi yang diduduki memberikan gambaran tentang pergerakan pasukan di seluruh wilayah yang diperebutkan. Itu juga membuat pasukan Tiongkok lebih sulit mengamati jalan pasokan India yang penting.

Tindakan India itu dikecam keras oleh Hua Chunying, seorang juru bicara kementerian luar negeri Tiongkok.

"Di China, kami memiliki pepatah tentang orang yang bersalah yang memprotes secara mencolok bahwa dia tidak bersalah. Itulah yang dilakukan India," ujar Hua Chunying.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Pikiran Rakyat Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Pikiran Rakyat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Pikiran Rakyat.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini