Amien Rais Serang Lagi Jokowi, Kali Ini Soal...

Amien Rais Serang Lagi Jokowi, Kali Ini Soal... Foto: Sufri Yuliardi

Tokoh reformasi yang juga mantan Ketua MPR RI M Amien Rais menyebut kegagalan kepemimpinan Joko Widodo (Jokowi) selama menjadi Presiden RI telah melahirkan kegagalan atau fiasco multidimensional. Apa saja?

"Fiasco itu terjadi di hampir semua kehidupan nasional bangsa Indonesia, yaitu kegagalan demokrasi yang telah berubah menjadi oligarki, otoritarianisme, nepotisme, dan menjadi rezim pemborong kebenaran," ujar Amien dalam channel YouTube Amien Rais Official yang tayang Jumat (4/9/2020).

Selanjutnya, kegagalan ekonomi berupa makin lebarnya kesenjangan ekonomi antara lapisan kaya dan super kaya di satu pihak, dan lapisan miskin dan super miskin di lain pihak.

Baca Juga: Mbah Amien Minta Jokowi Segera Berhenti sebagai 'Kacung' Megawati

Baca Juga: Sikap Putra Amien Rais Sungguh di Luar Adab

"Juga kegagalan sosial yang makin luas sehingga jarak sosial kaya miskin makin menganga dan dicoba diatasi hanya dengan bantuan tunai langsung serta pemberian beras miskin atau raskin untuk lapisan kaum yang tidak berpunya secara periodik yang sejatinya mengandung semacam penghinaan, maaf ini, pada lapisan kaum miskin," katanya.

Lanjut Amien, kegagalan penegakan hukum sudah makin luas sehingga Indonesia mendekati tahapan lawless country.

"Masyarakat diletakkan dalam hukum rimba. Yang kuat, yang punya back up kekuasaan pasti menang, mereka yang menang dan miskin, dipastikan pasti kalah," kata mantan ketua umum PAN ini.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini