Puan Maharani Blunder, Paslon Pilkada Sumbar Kembalikan SK PDIP

Puan Maharani Blunder, Paslon Pilkada Sumbar Kembalikan SK PDIP Foto: Antara/Asprilla Dwi Adha

Polemik pernyataan Ketua Bidang Politik dan Keamanan Dewan Pengurus Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani ketika mengumumkan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) di Pilkada 2020 berbuntut panjang.

Kalimat itu tidak hanya membuat heboh dan menimbulkan reaksi keras dari publik di Ranah Minang. Namun juga berimbas kepada paslon yang juga diusung PDIP. Pasangan bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra Barat periode 2020-2025 Mulyadi - Ali Mukhni, memutuskan untuk mengembalikan SK dukungan PDIP yang baru saja mereka terima.

"Ya, kami sudah sepakati bersama pak Mulyadi, kita mengembalikan SK dukungan dari PDIP. Jadi, Mulyadi - Ali Mukhni hanya diusung oleh Demokrat dan PAN," kata Ali Mukhni, Sabtu (5/9/2020).

Menurut pendamping Mulyadi itu, langkah mengembalikan kembali SK dukungan PDIP yang sudah diterima, lantaran banyaknya desakan dari masyarakat Sumbar baik yang berada di ranah kampung halaman maupun yang di rantau yang menyampaikan rasa kekecewaan dengan pernyataan Puan Maharani itu.

"Memang banyak tokoh masyarakat Minang yang telepon saya. Menyampaikan kekecewaan terhadap penyataan mbak Puan," ujar Ali Mukhni. 

Sebelumnya, Puan Maharani menyampaikan ujaran dengan menyebutkan “semoga Sumatra Barat menjadi Provinsi yang mendukung Negara Pancasila”. 

Ujaran itu, kemudian mengundang reaksi keras dari Masyarakat Sumatera Barat. Berbagai kecaman disampaikan publik atas pernyataan itu. Bahkan tak sedikit publik yang membuka sejarah tentang banyaknya tokoh-tokoh Minang yang punya peran dibalik penggagasan proklamasi dan ideologi pancasila.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini