Berapa Harga Swab Test Corona? Duh, Ada yang Rp2,5 Juta

Berapa Harga Swab Test Corona? Duh, Ada yang Rp2,5 Juta Foto: Sufri Yuliardi

Berapa biaya yang mesti kita keluarkan untuk melaksanakan tes usap (swab test)? Mari simak informasi dari rapat kerja Satgas Penanganan COVID-19 dengan DPR.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Letjen TNI Doni Monardo mendengar curhatan dari Wakil Ketua Komisi VIII DPR, Ace Hasan Syadzily. Politisi Partai Golkar itu menyatakan rate population test Covid-19 sekarang relatif sudah semakin tinggi. Hanya saja, Ace mengungkap, diduga ada beberapa pihak yang memanfaatkan tes Covid-19 untuk kepentingan-kepentingan bisnis.

“Ada yang harga swab test itu sekian juta dengan penyelesaian sekian jam, dua hari, tiga hari,” kata Ace.

Baca Juga: Harga Netflix, Disney+, Viu, dan Iflix: Lebih Murah Mana?

Baca Juga: Bisnis Online di Indonesia: Potensi dan Tantangannya

Ace mengaku tidak tahu bagaimana pengaturan terkait prosedur swab test ini. Dia pun mempertanyakan, apakah Satgas juga sudah menetapkan prosedur uji tersebut.

“Supaya masyarakat jangan sampai merasa di satu sisi dengar ini gratis, tapi di sisi lain ada yang harus bayar sampai Rp 2 juta misalnya. Ya, kalau itu dilakukan swasta mesti ada standar yang mengatur itu,” ungkapnya.

Apa jawab Doni? Ternyata, apa yang disampaikan Ace sudah diketahui Doni. Kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana ini mengakui, memang ada rumah sakit yang masih mematok biaya swab test di atas Rp 2,5 juta.

"Padahal biaya untuk tes swab hanya sekitar Rp 500 ribu," jelas Doni.

Namun Doni tidak menyebut rumah sakit mana saja yang dia maksud. Doni hanya mengungkapkan, pihaknya telah mendistribusikan jutaan reagen ke seluruh daerah agar bisa melakukan swab test secara gratis.

"Dan memang kalau dilihat 51 persen mereka yang sekarang mengikuti swab test ini adalah gratis. Itu adalah lab-lab yang dikelola pemerintah," imbuhnya.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini