Komisi VI Apresiasi Wamendag Jerry dalam Upaya Diplomasi Sawit

Komisi VI Apresiasi Wamendag Jerry dalam Upaya Diplomasi Sawit Foto: Kemendag

Menghadapi diskriminasi kelapa sawit oleh Uni Eropa diperlukan langkah-langkah yang lebih komprehensif dan berkelanjutan. Langkah tersebut harus melibatkan aspek kampanye, penelitian, sosialisasi, lobi dan diplomasi. Demikian disampaikan anggota Komisi VI Lamhot Sinaga dalam Rapat Kerja dengan Kementerian Perdagangan tengah pekan ini. 

Langkah-langkah komprehensif tersebut menurutnya makin intensif dilakukan oleh Wamendag Jerry Sambuaga. Itulah sebabnya anggota Komisi VI ini mengapresiasi Wamendag. Rapat kerja Komisi VI DPR RI dengan Kementerian Perdagangan kali ini membahas Rencana Kerja & Anggaran Kementerian/Lembaga (RKAKL). Isu diplomasi perdagangan muncul karena berkaitan dengan keinginan presiden memperluas pasar ekspor yang menentukan pendapatan negara. 

Baca Juga: Nothing Impossible! Pabrik Sawit Petani Segera Beroperasi

“Dalam pantauan kami, Wamendag sudah mengupayakan langkah-langkah yang diperlukan agar wacana kelapa sawit tidak hanya didominasi oleh Uni Eropa yang kontra saja tetapi juga kita mampu berperan dalam kampanye bahwa banyak keunggulan dan sisi positif kelapa sawit. Kami apresiasi Wamen Jerry Sambuaga karena menurut kami sawit adalah komoditas strategis untuk Indonesia," kata Lamhot Sinaga, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (4/9/2020).

Menanggapi apresiasi tersebut, Jerry mengatakan bahwa upaya-upaya inovasi dan improvisasi dalam kampanye dan diplomasi sawit adalah bagian tak terpisahkan dari pembangunan sawit secara keseluruhan. Pemerintah melakukan segala upaya agar sawit memberikan dampak positif yang maksimal bagi ekonomi dan masyarakat Indonesia.

“Pembangunan sawit ini multi sektor. Ada Kementerian dan Lembaga yang berkontribusi memperbaiki tata kelola perkebunan dan aspek pengembangan. Kami berfokus pada aspek perdagangannya. Nah secara lintas kementerian kami terkoordinasi dalam arahan Presiden dan Pak Menko. Sementara untuk internal saya ikut dalam arahan dan koordinasi Pak Mendag. Semua itu agar hasilnya baik buat semua. Bukan hanya dari aspek ekonomi, tetapi juga dampak sosial dan ekologisnya," tutur Jerry.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini