Berkat Pandemi, Pendiri Sistem Cloud Ini Jadi Miliarder Baru

Berkat Pandemi, Pendiri Sistem Cloud Ini Jadi Miliarder Baru Foto: Twitter/techinsider

Perusahaan teknologi pengamanan sistem komputasi awan atau cloud yang didirikan Todd McKinnon bernama Okta Inc telah merasakan bisnisnya yang melonjak di tengah pandemi Covid-19. Hal ini karena banyak orang yang bekerja dari rumah hingga dokumen-dokumen penting pun harus diakses melalui jaringan internet.

Karena itulah bisnis Okta semakin berkembang pesat. Perusahaan yang didirikan Todd McKinnon pada tahun 2009 ini telah melonjak 70 persen dalam enam tahun terakhir. Bahkan telah meroket 1.200 persen jika dibandingkan saat perusahaan IPO pertama kali pada 2017 silam.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Dieter Schwarz, Miliarder Ritel Asal Jerman

Dilansir dari Forbes di Jakarta, Jum'at (4/9/2020) Okta kini bervaluasi USD27 miliar atau setara Rp394 triliun. Sementara pendirinya, McKinnon juga menikmati peningkatan kekayaan. Harta kekayaan McKinnon kini mencapai USD1,7 miliar (Rp24,82 triliun) menjadi pendatang baru berstatus miliarder. Padahal, McKinnon "hanya" memiliki sekitar 4 persen saham Okta.

"Hal buruk ini (pandemi) telah menghancurkan banyak hal, namun perusahaan justru diuntungkan atas hal itu," ujar McKinnon kepada Forbes.

Sejak bulan Maret lalu, Okta telah menandatangai kerja sama dengan 1.000 pelanggan baru. Secara keseluruhan, saat ini Okta memiliki 8.950 pelanggan dengan banyak di antaranya meningkatkan penggunaan layanan pengaman cloud. Pada bulan Mei, FedEx juga dikabarkan telah menggunakan Okta Identity Cloud agar 85.000 pekerjanya di seluruh dunia bisa bekerja secara efektif selama masa pandemi.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini