Kisah Orang Terkaya: Dieter Schwarz, Miliarder Ritel Asal Jerman

Kisah Orang Terkaya: Dieter Schwarz, Miliarder Ritel Asal Jerman Foto: Nationalstiftung.de

Miliarder asal Jerman, Dieter Schwarz merupakan orang terkaya ke-40 dunia. Ia lahir di Heilbronn, Jerman, pada 24 September 1939. Ayahnya Josef Schwarz sebagai salah satu pendiri toko kelontong Schwarz-Gruppe, atau Lidl & Schwarz sejak tahun 1930.

Setelah menyelesaikan sekolah menengah, Schwarz langsung bergabung dengan bisnis ayahnya, yang terinspirasi dari bisnis pesaing terbesarnya, Aldi Nord dan Aldi Sued. Dia membuka toko supermarket diskon Lidl pertamanya di Ludwigshafen, Jerman, pada tahun 1973.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Joseph Safra, Bankir Terkaya di Dunia

Awal Karir

Pada tahun 1977, ayahnya meninggal tak terduga sehingga Schwarz mengambil alih sebagai Chairman dan CEO Lidl. Tak lama setelah memimpin, dia membeli hak paten dari Ludwig Lidl.

Memanfaatkan kemajuan sektor pemasaran ritel Jerman, Schwarz terus belajar hingga membuat beberapa kesepakatan yang akan mendorong pertumbuhan perusahaannya.

Pada tahun 1984, ia membuka rantai diskon Kaufland dan mulai mengembangkan bisnisnya di seluruh Eropa hingga akhir 1980-an dan 1990-an. Toko Lidl pertama yang dibuka di luar Jerman berada di Prancis sebagai pembuka toko-toko selanjutnya di pasar Eropa.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini