Maaf, Tahun Ini Erick Dkk Gak Bisa Setor Cuan Rp40 Triliun

Maaf, Tahun Ini Erick Dkk Gak Bisa Setor Cuan Rp40 Triliun Foto: Antara/Puspa Perwitasari

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, mengakui bahwa pandemi Covid-19 ini berdampak juga pada bisnis BUMN. Bahkan, 90 persen dari seluruh perusahaan negara mengalami penurunan kinerja tahun ini.

Karena itu, dividen BUMN tahun ini diproyeksi hanya mencapai 25 persen dari target. "Dengan kondisi 90% BUMN yang terpukul saat ini tadinya kita bisa (setor) deviden Rp40 triliun, tahun ini mungkin cuma 25%," katanya di Kompleks DPR, Kamis (3/9/2020).

Baca Juga: Erick Thohir: Saya Rasa Pemerintah Tak Hanya Prioritaskan Ekonomi

Baca Juga: Harga Vaksin Beda-beda, Erick Thohir: Kualitas Mah Sama Bagus

Lanjutnya, ia mengaku pihaknya terus mengupayakan kinerja BUMN agar bisa lebih baik lagi. Namun, kondisi yang ada di lapangan memang seperti itu adanya.

Bahkan, di tengah pandemi ini, hanya beberapa BUMN yang bisa tumbuh dan bertahan hidup. "Kan hanya Telkom, dan yang lainnya (yang bisa tumbuh," ujarnya.

Sebelumnya, Erick juga menegaskan bahwa adanya pandemi ini bisnis BUMN tidak tercapai maksimal.

"Suka tidak suka, sepertiga kekuatan Indonesia ada di BUMN. Ini problemnya. Kalau BUMN sakit, ke depan enggak bagus, karena kontribusi BUMN kepada pemerintah baik dari pajak baik dari dividen baik dari royalti itu macem-macem itu luar biasa besar, dan ini yang harus dijaga," tukasnya.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini