Tanggap COVID, Pertagas Berikan Bantuan Mobile WiFi di SDN Kupang

Tanggap COVID, Pertagas Berikan Bantuan Mobile WiFi di SDN Kupang Foto: Dok. Pertagas

Di tengah masa pandemi yang belum berakhir hingga saat ini, masih banyak sekolah yang belum menerapkan kebijakan sekolah daring/dari rumah secara optimal. Hal ini seperti yang dialami oleh sembilan belas (19) siswa SDN 4 Kupang, Kec. Jabon, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur. Mereka menjalankan kegiatan belajar mengajar dengan peralatan dan fasilitas seadanya yang membuat aktivitas para siswa terhambat.

Adanya persoalan tersebut membuat PT Pertamina Gas Operation East Java Area merespons kebutuhan dengan memberikan bantuan berupa paket mobile WiFi beserta paket data kepada siswa dan guru di lingkungan SDN 4 Kupang. Bantuan disalurkan pada Kamis (3/9) yang dihadiri oleh kepala sekolah, jajaran guru, dan perwakilan siswa di lokasi sekolah.

Baca Juga: Pertamina Amsyong Rp11 T, Orang DPR Ajak Kencangkan Ikat Pinggang

Baca Juga: Premium Mau Dihapus, Said Didu Curiga Bos Pertamina Mau Jual...

SD yang terletak lebih dari 30 km dari pusat kabupaten Sidoarjo ini berada di tengah dusun yang dikelilingi tambak warga. Akses menuju lokasi tampak kurang memadai sehingga harus menggunakan kendaraan roda dua sebelum tiba di tempat. Ketersediaan akses komunikasi pun juga terbatas. Seringkali masyarakat sekitar termasuk para guru dan siswa mengeluhkan keterlambatan dalam memperoleh informasi karena persoalan dasar tersebut.

Selama masa pandemi, para guru harus berkeliling ke perwakilan rombongan belajar (rombel) dari kelas 1-6 yang lokasinya terpencar di beberapa rumah orang tua/wali murid. Guru terkadang mengalami kesulitan ketika mengajar di rumah karena harus berbagi ruang dengan kegiatan orang tua/wali murid, ditambah tempat belajar yang kurang representatif.

Kepala Sekolah SDN 4 Kupang, Muhammad Maksum, membagikan kisahnya bahwa selama ini kebutuhan internet sangat krusial bagi kebutuhan belajar mengajar di sekolah. Menurutnya sudah bertahun-tahun kami menantikan akses internet yang memadai di sekolah kami. 

"Saya dan para guru merasa sangat bersyukur adanya kehadiran Pertamina Gas yang dapat mengakomodasi kebutuhan krusial ini," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini