Masih Pandemi, Garuda Optimis Balik Pendapatan 40% Akhir 2020

Masih Pandemi, Garuda Optimis Balik Pendapatan 40% Akhir 2020 Foto: Antara/Muhammad Iqbal

Direktur Layanan, Pengembangan Usaha dan Teknologi Informasi Garuda Indonesia Ade R Susardi menyampaikan, maskapai Garuda Indonesia mengaku optimis dapat mengembalikan pendapatan sebesar 40% dari kondisi normal tahun lalu pada akhir 2020 akibat pandemi Covid-19.

"Target kita sampai Desember bisa di 40% dari revenue (pendapatan) tahun lalu," ujar Ade dalam diskusi daring, Kamis (3/9/2020).

Ade mengungkapkan, optimisme tersebut didorong indikasi lalu lintas penerbangan yang berangsur pulih dengan adanya peningkatan jumlah penumpang saat libur panjang akhir pekan pada pertengahan Agustus lalu.

Baca Juga: Tebar Promo Diskon 45%, Penumpang Garuda Melonjak Hingga 50%

Baca Juga: Erick Gesit, Usahakan Vaksinasi Covid-19 Desember Tahun Ini

"Jadi kita lihat tadi dari tren Mei, Juni, Juli, Agustus ada libur panjang dua kali, kita dapat berkah cukup besar. Trafik penerbangan naik, penumpang naik. Tren diharapkan bisa berlanjut," ucap Ade.

Ade mengatakan bahwa pihaknya juga menyiapkan sejumlah program baru untuk menarik kembali minat masyarakat melakukan penerbangan.

"September juga kita punya beberapa program lagi. Di bulan lalu kita bisa (dapat) 7.000 (penumpang) per hari, kita targetkan di September bisa 10.000 (penumpang) per hari sudah bisa tercapai," ujar Ade.

Ade menjelaskan, secara hitungan bisnis belum menguntungkan. Namunm pihaknya melakukan berbagai upaya, yakni efisiensi di internal perusahaan untuk menghemat biaya operasi, seperti penundaan gaji, pemotongan tunjangan dari 10 hingga 50%.

Kemudian, renegosiasi dengan penyewa (lessor) pesawat, penjadwalan ulang pembayaran avtur dengan PT Pertamina dan lainnya agar maskapai pelat merah itu bisa bertahan.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini