Investasi Kontrak Emas Lebih Moncer, Ternyata Ini Alasannya

Investasi Kontrak Emas Lebih Moncer, Ternyata Ini Alasannya Foto: Reuters/Leonhard Foeger

Dibandingkan jenis investasi lainnya sekarang, investasi kontrak emas berjangka lebih menarik karena sifatnya yang safe haven, artinya memiliki nilai yang stabil ditengah ketidakpastian ekonomi yang diakibatkan berbagai faktor. 

Baca Juga: Rusia vs China, Miliarder Ini Pepet Terus Tambang Emas Afrika!

Pimpinan Cabang PT Kontak Perkasa Futures cabang Bandung Deddy Rudiyanto mengatakan emas menjadi instrumen investasi yang menarik saat ini karena mengalami kenaikan tertinggi dalam 9 tahun terakhir sejak 2011. 

"Kami tetap optimis bahwa target volume transaksi sebesar 100.000 lot dan 200 nasabah baru akan tetap terkejar meski dalam tantangan sekarang,” katanya kepada wartawan di Bandung, Kamis (3/9/2020).

Menurutnya, pada tanggal 5 Agustus 2020, emas memecah rekor di level USD 2.018/ troy ons. Kemudian mencapai level tertinggi di level USD 2.081/troy ons pada akhir Juli 2020.

Harga emas telah melonjak 33% dalam tahun ini. Faktor penyebab kenaikan emas diawali dengan ketegangan geopolitik Amerika Serikat dengan Iran dan perang dagang dengan Tiongkok di awal tahun, kemudian reli berlanjut seiring penyebaran wabah COVID-19 yang meluas ke berbagai negara, lalu menimbulkan ketidakpastian ekonomi, suku bunga yang rendah, dan penggelontoran triliunan stimulus yang membuat dolar sebagai pesaing safe haven terus merosot.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini