Kisah Orang Terkaya: Joseph Safra, Bankir Terkaya di Dunia

Kisah Orang Terkaya: Joseph Safra, Bankir Terkaya di Dunia Foto: REUTERS/Eric Gaillard

Miliarder Joseph Safra merupakan orang terkaya ke-39 dunia menurut catatan Forbes. Ia adalah seorang pengusaha, bankir dan investor dari Brasil. Ia dikenal sebagai orang di balik Safra Group, bank swasta terkenal di Brasil.

Kehidupan Awal

Joseph lahir pada 1 Desember 1939 di Aleppo, Syria dan keluarganya sejak awal berkecimpung di bisnis perbankan. Ia berasal dari keluarga Yahudi Sephardic dengan koneksi perbankan yang berasal dari zaman Ottoman dan dibesarkan di Beirut.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Yang Huiyan, Wanita Terkaya di Asia

Ayah Joseph adalah Jacob Safra, yang merupakan seorang bankir asal Lebanon yang sudah terlibat dalam bisnis perbankan dan perdagangan emas yang mencakup wilayah Alexandria, Aleppo dan Istanbul selama Kekaisaran Ottoman.

Keluarga Safra pindah ke Brasil pada tahun 1952. Pada tahun 1955, saudara laki-laki Joseph yang berusia 23 tahun, Edmond Safra, dan ayahnya, Jacob Safra, mulai bekerja di Brasil dengan mendanai aset di São Paulo.

Namun tak lama kemudian, Edmond Safra berpisah dari saudara laki-lakinya Joseph dan Moise dan menuju ke New York di mana ia mendirikan Bank Nasional Republik New York yang kemudian ia jual ke HSBC pada tahun 1999 dan menyumbangkan sebagian besar uangnya ke Yayasan Edmond Safra.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini