Turun di 165 Juta, Bitcoin Diragukan Sentuh Titik Tertinggi

Turun di 165 Juta, Bitcoin Diragukan Sentuh Titik Tertinggi Foto: Unsplash/Dmitry Moraine

Bitcoin turun ke level US$11.159 atau senilai Rp165 juta di bursa spot seperti Coinbase pada Rabu (2/9/2020). Penurunan itu diperburuk oleh pedagang derivatif yang berorientasi panjang di bursa seperti BitMEX. Platform itu mengalami likuidasi penjualan US$9 juta dalam satu jam karena harga turun, setara dengan margin call di dunia cryptocurrency.

Alex Mascioli, kepala layanan institusional di pialang kripto Bequant, mengatakan bahwa pedagang lama yang yakin harga bitcoin akan melampaui tertinggi di tahun 2020 perlahan musnah.

Baca Juga: Peretas Korut Pindahkan US$140 Ribu Bitcoin dari Akun Pantauan AS

"Bitcoin masih perlu menembus di atas tertinggi sebelumnya di US$12.400 untuk memiliki momentum yang cukup serius untuk memiliki kesempatan menguji ulang titik tertinggi sebelumnya," katanya dikutip dari Coindesk, Kamis(3/9/2020).

Ada kemungkinan bahwa lain kali bitcoin mencapai tingkat harga itu, ia dapat menuju ke wilayah yang lebih tinggi, mendekati tertinggi tahun 2020 sekitar US$12.475, kata Mascioli.

"Untuk saat ini, US$12.400 adalah level resistance terpenting yang harus diambil. Secara teknis, muncul seolah-olah kenaikan dapat tertahan di level ini di minggu depan," lanjutnya.

Sementara itu, kebangkitan keuangan terdesentralisasi atau DeFi, memberi pemegang bitcoin kesempatan untuk mendapat untung bahkan ketika pergerakan harga sedang bearish pada hari-hari seperti Rabu.

"Pasar DeFi memberi pemegang bitcoin jangka panjang kesempatan untuk meningkatkan hasil dan pengembalian mereka," kata Zachary Friedman, kepala operasi untuk Aset Digital Global.

Namun, beberapa pedagang tidak yakin DeFi dapat mempertahankan status quo-nya dan itu tercermin dalam taruhan di pasar opsi untuk eter (ETH). Berdasarkan probabilitas, pedagang opsi memiliki keyakinan 66% eter akan lebih dari US$400 pada jatuh tempo 20 September, tetapi angka itu turun menjadi 48% pada jatuh tempo 20 Desember.

Ether, mata uang kripto terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasar, turun Rabu, diperdagangkan sekitar US$ 436 dan tergelincir 8,5% dalam 24 jam pada 20:00 waktu setempat.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini