Beredar Isu Premium Akan Dihapus, Begini Kata CERI

Beredar Isu Premium Akan Dihapus, Begini Kata CERI Foto: Antara/Arif Firmansyah

Bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium dan Petralite yang bakal dihapuskan dari peredaran oleh PT Pertamina (Persero) menuai polemik.

Direktur Eksekutif CERI Yusri Usman mengutarakan, keraguannya jika Premium akan dihapus, sebab desain kilang sejak awal dibangun memang untuk menghasilkan BBM jenis bensin dengan nilai oktan (Research Octane Number/RON) di bawah 91 seperti Premium dan Pertalite.

"Bagaimana mungkin Premium bisa dihapus total? Karena desain kilang sejak dulu dibangun memang untuk memproduksi Premium dan solar dengan kualitas Euro 2," ujar Yusri, Rabu (2/9/2020).

Baca Juga: Premium Tak Dijual Lagi? Pertamina Angkat Bicara

Baca Juga: Gak Setuju Premium Dihapus, PKS: Rakyat Butuh BBM Murah

Yusri mengatakan, jikalau proyek modernisasi kilang dalam program RDMP berjalan, kemungkinan kilang Balikpapan akan baru bisa digunakan pada 2024 untuk memproduksi BBM kualitas Euro 4 dan 5, dan itupun masih terbatas kapasitasnya.

Di tengah wabah Covid-19 yang telah melemahkan daya beli masyarakat, menjadi alasan kuat untuk tidak mungkin ada kebijakan untuk menghapus peredaraan Premium dan Pertalite.

"Kebijakan penghapusan Premium itu merupakan ranah pemerintah, yaitu sesuai Peraturan PresidenĀ  Nomor 34 Tahun 2018 yang merupakan perubahan dari Perpres 191 Tahun 2014, danĀ  semuanya ditandatangani Presiden Jokowi," ujar Yusri.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini