Kisah Orang Terkaya: Yang Huiyan, Wanita Terkaya di Asia

Kisah Orang Terkaya: Yang Huiyan, Wanita Terkaya di Asia Foto: Twitter/BCAmagazine

Wanita terkaya di China dan Asia ialah Yang Huiyan. Wanita kelahiran 1981 ini menduduki peringkat orang terkaya ke-38 di dunia versi majalah Forbes. Yang Huiyan merupakan wakil ketua pengembang properti China, Country Garden Holdings.

Terlepas dari kekayaannya yang terkenal, Yang tampaknya pemalu di kalangan media, terbukti tak banyak foto dirinya yang dapat ditemukan di internet. Namun dikabarkan Yang adalah lulusan Bachelor of Arts/Science tahun 2003 dari Ohio State University.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: He Xiangjian, Raja Elektronik China

Meski demikian, kisah lainnya masih dapat ditemukan di South China Morning Post yang dilansir di Jakarta, Rabu (2/9/2020) Yang Huiyan adalah putri dari Yang Guoqiang pendiri Country Garden Holdings, ia memiliki seorang adik perempuan bernama Yang Ziying, yang juga duduk di dewan Country Garden.

Dia menjadi orang terkaya di China pada tahun 2007, ketika baru berusia 25 tahun. Ayahnya Yang Guoqiang memulai perusahaan real estat Country Garden pada tahun 1997 dan mentransfer 70% saham Country Garden kepadanya sebelum IPO pada tahun 2007. Penawaran awal Country Garden mengumpulkan sekitar USD1,6 miliar (Rp23 triliun), atau sebanyak yang dikumpulkan Google pada tahun 2004 di Amerika Serikat.

Yang Guoqiang membangun perusahaan Country Garden dari nol, setelah sebelumnya ia bekerja sebagai petani dan di lokasi konstruksi. Bahkan, ia dilaporkan mengatakan bahwa dia tak mampu membayar biaya sekolah ketika dia remaja, dan terpaksa bertani. Namun akhirnya ia belajar dengan bantuan hibah beasiswa.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini