Pentagon Akui Kemampuan Nuklir China Bertambah Dua Kali Lipat

Pentagon Akui Kemampuan Nuklir China Bertambah Dua Kali Lipat Foto: Undark

Pentagon memperkirakan China akan menambah hulu ledak nuklirnya minimal dua kali lipat dari jumlah sekarang dalam satu dekade mendatang.

Menurut Pentagon, saat ini China memiliki sekitar 200 hulu ledak nuklir dan mendekati kemampuan meluncurkan serangan nuklir melalui darat, udara dan laut, kapasitas yang disebut tiga serangkai (triad).

Baca Juga: Rudal Pemusnah Kapal Induk Ditembakkan, China Bikin AS Kejang

Pengungkapan ini terjadi saat ketegangan meningkat antara China dan Amerika Serikat (AS). Washington pun berupaya meminta Beijing bergabung dalam traktat senjata nuklir antara AS dan Rusia.

Dalam laporan tahunan untuk Kongres tentang militer China, Pentagon menyatakan China memiliki hulu ledak sekitar 200-an. Ini pertama kali militer AS mengungkap angka tersebut. Federasi Saintis Amerika (FAS) memperkirakan China memiliki sekitar 320 hulu ledak nuklir.

“Proyeksi pertumbuhan itu berdasarkan berbagai faktor termasuk Beijing memiliki material yang cukup untuk menambah dua kali lipat cadangan senjata nuklirnya tanpa produksi materi fisil baru,” papar laporan Pentagon.

Perkiraan Pentagon itu sesuai dengan analisa dari Badan Intelijen Pertahanan (DIA). “Kami tentu khawatir tentang jumlah itu tapi juga lintasan (kurva) perkembangan nuklir China,” ujar Chad Sbragia, deputi asisten menteri pertahanan AS untuk China.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini