Sinergi Instansi Pemkot Kediri Dorong UMKM Go International

Sinergi Instansi Pemkot Kediri Dorong UMKM Go International Foto: Bea Cukai

Program pemulihan ekonomi nasional upaya mengangkat ekonomi pelaku UMKM di Kota Kediri yang sempat turun akibat pandemi mulai berbuah hasil. Sinergi antara Pemkot Kediri, Bank Indonesia Kediri, Kadin Kota Kediri, serta Bea Cukai melepas ekspor produk dari 47 UMKM ke Australia dan Belanda pada Rabu (26/8/2020).

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengungkapkan ekspor produk UMKM ini merupakan salah satu sinergi antarinstansi untuk UMKM Kota Kediri.

Jadi, UMKM Kota Kediri tidak hanya go to marketplace, tetapi juga go to international dengan cara mengoneksikan para pelaku UMKM dengan para diaspora Kota Kediri dan kedutaan luar negeri di Belanda dan Australia. Banyak produk yang akan dikirim ke sana dan harapannya ada keberlanjutan dan bisa memeroleh feedback dari penjualan tersebut.

Baca Juga: Bea Cukai Ajak Asosiasi Petani Kembangkan Industri Tembakau Iris

Baca Juga: Bea Cukai & Wali Kota Jayapura Bahas Upaya Majukan Perekonomian

"Pada masa pandemi ini, perekonomian lemah tapi kita ada banyak terobosan, ada banyak loncatan salah satunya adalah go to international sama go to marketplace. Bagi UMKM Kota Kediri ini tantangan yang luar biasa sekali dan kita minta UMKM juga harus siap untuk mandiri dan harus siap untuk transformasi ini," terang Abdullah Abu Bakar.

Farid Fahrudi, Kasi Pelayanan PKC II Bea Cukai Kediri yang menghadiri acara tersebut, mengatakan, dalam mendorong UMKM go international Bea Cukai Kediri siap membantu fasilitas kepabeanan berupa kemudahan impor tujuan ekspor bagi pelaku usaha atau IKM (KITE IKM).

"Selain itu, Bea Cukai Kediri juga telah banyak melakukan kegiatan pelatihan prosedur ekspor kepada para pelaku usaha, dan jika diminta akan selalu siap mengisi kegiatan asistensi," pungkas Farid.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini