Orang Terkaya Jepang: Saya Mungkin Terlihat Sukses, tapi. . .

Orang Terkaya Jepang: Saya Mungkin Terlihat Sukses, tapi. . . Foto: Dictio

Orang terkaya di Jepang, Tadashi Yanai merupakan pendiri Fast Retailing yang membawahi Uniqlo. Yanai menjadi orang terkaya di Jepang menurut daftar catatan Forbes. Sebagaimana diketahui, Uniqlo sendiri merupakan brand yang telah berekspansi di banyak negara, termasuk Indonesia.

Tadashi Yanai resmi tercatat sebagai orang terkaya di Jepang oleh Forbes yang saat ini kekayaannya berada di angka USD30,4 miliar (Rp443 triliun). Meski demikian, Yanai adalah sosok yang rendah hati. Ia mengaku telah membuat banyak kesalahan.

Baca Juga: Ultah ke-90, Warren Buffett Borong Saham 5 Perusahaan Jepang

"Saya mungkin terlihat sukses tetapi saya telah membuat banyak kesalahan. Orang menganggap kegagalan mereka terlalu serius. Anda harus positif dan yakin bahwa Anda akan menemukan kesuksesan di kemudian hari," ungkap Yanai dalam wawancara dengan majalah Monocle.

Fast Retailing yang ia dirikan kini menjadi perusahaan pakaian terbesar keempat di dunia dengan lebih dari 2.000 toko di seluruh dunia. Padahal pada tahun 1984, saat Yanai mulai menjabat sebagai presiden dari jaringan clothing milik ayahnya, saat itu hanya ada 22 gerai.

Ia pun mulai membuka toko di Hiroshima dengan nama Uniqlo Clothing Warehouse yang saat ini akrab disebut dengan Uniqlo. Setelahnya, bisnis Uniqlo berjalan sangat baik di Jepang. Hingga tahun 1998, Yanai sudah mampu membuka 300 gerai Uniqlo di seluruh Jepang.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini