Satgas Belum Setuju Bioskop Dibuka di Jakarta

Satgas Belum Setuju Bioskop Dibuka di Jakarta Foto: Antara/M Agung Rajasa

Juru Bicara Satuan Tugas COVID-19, Wiku Adisasmito, menyatakan wacana pembukaan bioskop di Jakarta belum disetujui karena masih dalam kajian. Satgas melibatkan tim pakar untuk memutuskan jadi atau tidaknya kebijakan itu.

"Sebenarnya masih dalam rencana, dan itu merupakan proses konsultasi antara pemerintah daerah dari DKI Jakarta dengan Satgas pusat dan tentunya sudah hampir sekitar satu bulan pemerintah DKI melakukan kajian," kata Wiku, Kamis, 27 Agustus 2020.

Baca Juga: Bioskop Segera Dibuka, Sederet Film Ini Siap Tayang

Wacana itu, katanya, sudah mempertimbangkan banyak hal, di antaranya sarana hiburan bagi masyarakat. Namun ada juga yang berpendapat bahwa pembukaan sarana hiburan itu meningkatkan risiko penularan virus corona.

Perbedaan pendapat di kalangan para ahli berbagai disiplin, menurutnya, memang wajar karena semua sedang mempelajari kebijakan yang terbaik agar masyarakat tetap aman tetapi produktif.

“Dua hal ini memang menjadi sesuatu hal yang harus kita tangani secara bersamaan," ujarnya.

Satgas tetap meminta setiap kegiatan usaha melakukan prakondisi sebelum membuka operasional mereka. Hal itu kerap kali juga disampaikan Presiden Joko Widodo dalam berbagai kesempatan.

"Pengkajian ini tentunya melihat dari risiko penularan, dan risiko peningkatan kasus dilihat dari zona-zona yang ada. Kemudian kita lihat prioritas sektor sosial dan ekonomi yang mana yang memang diperlukan untuk dibuka dan dasarnya apa. Silakan untuk dikaji oleh pakar, dan oleh Satgas, yang ada di tiap-tiap daerah," katanya.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini