7 Aplikasi Alternatif Zoom, Ada Fitur Uji Coba Gratis

7 Aplikasi Alternatif Zoom, Ada Fitur Uji Coba Gratis Kredit Foto: Unsplash/Sam Mcghee

Zoom sempat mengalami gangguan di berbagai belahan dunia pada Senin (24/8/2020) malam, membuat para penggunanya terputus dari panggilan video yang tengah berlangsung.

Karena hal itu, pengguna perlu memilih sejumlah aplikasi alternatif guna menggantikan Zoom. Tim Warta Ekonomi telah menghimpun beberapa rekomendasi aplikasi konferensi video.

Jadi, kalau sewaktu-waktu aplikasi konferensi video yang Anda gunakan mengalami gangguan, Anda sudah mempunyai pilihan aplikasi lain.

Baca Juga: TikTok Resmi Gugat Jajaran Trump dan Beri Komentar Pedas!

Baca Juga: Lisensi Bisnis Google Habis, Gimana Nasib Android di HP Huawei?

Daftar Aplikasi Video Conference Selain Zoom

1. BlueJeans Meetings

Platform BlueJeans Meetings merupakan solusi konferensi video yang berfokus pada koneksi instan, menggunakan aplikasi seluler, desktop, dan langsung dari peramban (tinggal mengunduh ruang obrolan, seperti Zoom). 

BlueJeans Meetings terintegrasi dengan sistem ruang konferensi berbasis perangkat keras dan aplikasi seperti Microsoft Temas, Slack, dan Facebook Workplace.

Panggilan video dalam uji coba bersifat gratis. Setelahnya, BlueJeans Meetings menawarkan tiga paket: Me (individu dan UMKM), My Team (75 peserta dan 10 jam perekaman), serta My Company (150 peserta)

2. Microsoft Teams

Ini merupakan penerus Skype fro Business; fitur dari Office 365. Pengguna bisa mendaftar ke Microsoft Teams versi gratis menggunakan surel pribadi; mendukung hingga 300 anggota, akses tamu, penyimpanan file bersama (2GB/pengguna dan 10GB/tim).

Sementara itu, paket berbayarnya mendukung hingga penyimpanan 1TB/pengguna, penjadwalan rapat dari Outlook, merekam rapat, dan berkolaborasi dengan dokumen di program Office, serta fitur berbagi presentasi.

3. GoToMeeting

Aplikasi ini menawarkan uji coba gratis 14 hari. Setelahnya, pengguna bisa memilih paket yang terdiri dari: Profesional (hingga 150 peserta), Bisnis (hingga 250 peserta), dan Enterprise (hingga 3 ribu peserta).

Pengalaman pengguna dalam GoToMeeting terintegrasi dengan solusi kalender dan platform dari Office 365, G-Suite, Salesforce, Zoho, dan Slack. Untuk tiap panggilan, ada catatan secara real-time yang bisa Anda sematkan dalam transkrip rapat.

4. Zoho Meeting

Zoho kini memiliki 50 juta pengguna secara global. Produk andalannya ialah Zoho One, menyatukan penjualan, pemasaran, akuntansi, SDM, dan operasi.

Zoho Meetings berbasis peramban, sehingga pengguna tak perlu mengunduh. Aplikasi tersebut bisa mendukung panggilan video untuk 100 peserta dan 10 kali merekam pertemuan.

5. Cisco WebEx

Nah, yang satu ini memiliki paket konferensi gratis hingga tiga pengguna; fiturnya lengkap, dari video kualitas tinggi, berbagi layar di desktop dan seluler, opsi perekaman terbatas, dan mendukung hingga 50 peserta per rapat (40 menit/rapat).

Ada pula paket yang terdiri dari: Pemula (mendukung 50 peserta), Plus (mendukung 100 peserta), dan Bisnis (mendukung hingga 200 peserta). Ada pula paket perusahaan.

6. Join.Me

Dengan aplikasi Join.Me, panggilan video bisa Anda lakukan dengan tiga peserta, secara gratis. Paket konferensinya juga tersedia, dari Lite (lima peserta, tanpa batas waktu), Pro (250 peserta, penyimpanan cloud 50GB), dan Bisnis (penyimpanan 1TB, dukungan sistem masuk tunggal, dan integrasi Salesforce).

7. Google Hangouts Meet

Pada 2017, jajaran aplikasi komunikasi dan kolaborasi Google yang terus berkembang terbagi menjadi dua; yakni Google Hangouts dan Google Hangouts Meet.

Anda bisa melakukan panggilan video Google Meet melalui peramban Google Chrome dan Gmail. Ada berbagai paket untuk Google Meet di G-Suite: Basic (100 peserta), Bisnis (150 peserta), dan Perusahaan (250 peserta), serta Enterprise (hingga 100 ribu anggota audiens).

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini