LCS Memanas, China Gak Kehabisan Akal Bikin Nyali AS Ciut

LCS Memanas, China Gak Kehabisan Akal Bikin Nyali AS Ciut Foto: Sindonews

Ketegangan di Laut China Selatan tak kunjung reda, malahan masing-masing pihak berusaha 'unjuk gigi' di publik internasional. Tiongkok baru-baru ini pamer kecanggihan kapal selamnya yang bersiaga di Pangkalan Bawah Laut Pulau Hainan, tak jauh dari perairan itu.

Unjuk kekuatan tersebut ditampilkan dalam video delapan menit yang disiarkan televisi nasional milik pemerintah Tiongkok, CCTV.

Dikutip dari South China Morning Post, rekaman ini memperlihatkan bagaimana kapal selam tipe 093B melacak keberadaan musuh dan menembaknya dengan torpedo.

Baca Juga: China-Rusia Kongkalikong, Pompeo: AS Akan Lakukan Segala Cara!

Baca Juga: Tangani Kasus-kasus Besar, Kebakaran Kejagung Kesengajaan?

Ditayangkan pada Kamis (20/8/2020), langkah Tiongkok tersebut diduga punya hubungan kuat dengan aksi militer Amerika Serikat (AS) di perairan sengketa. AS mengirim kapal perusak kelas Arleigh Burke, USS Mustin melintasi selat Taiwan dua hari sebelumnya.

Pengamat militer asal Makau, Antony Wong Tong menyebut waktu penayangan video promosi kapal selam itu jelas-jelas untuk memperingati AS.

"Tipe 093B cukup kuat untuk mengancam kapal perang AS karena dilengkapi dengan rudal jelajah antikapal YJ-18," ungkapnya.

"Mereka (seolah menyatakan) siap untuk bertempur menghadapi Amerika di pihak seberang," lanjut Antony.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Pikiran Rakyat Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Pikiran Rakyat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Pikiran Rakyat.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini