Tak Mau Kalah dengan Bezos, Orang Terkaya Asia Beli Apotek Online

Tak Mau Kalah dengan Bezos, Orang Terkaya Asia Beli Apotek Online Foto: REUTERS/Francis Mascarenhas

Beberapa waktu lalu, Amazon milik orang terkaya dunia, Jeff Bezos meluncurkan apotek online di India. Tak ingin kalah, konglomerat India, Mukesh Ambani ikut membeli sebagian besar saham apotek online Netmeds yang dihargai USD83 juta (Rp1,2 triliun).

Pembelian melalui anak usaha Reliance ini akan membuat Ambani head-to-head dengan Jeff Bezos. Dilansir dari Reuters di Jakarta, Jum'at (21/8/2020) Reliance secara terang-terangan melawan raksasa teknologi AS Amazon dan Flipkart yang didukung Walmart untuk mendapatkan pangsa pasar e-commerce di India.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Mukesh Ambani, Orang Terkaya India dan Asia

Perusahaan India tersebut mengumumkan investasi Netmeds pada Selasa (18/8/2020). Bisnis kesehatan telah mengalami lonjakan di India. Hal ini diakibatkan dari virus corona yang membuat bisnis ini mengalami kenaikan permintaan.

Reliance mengatakan investasi tersebut mewakili sekitar 60 persen saham di Vitalic Health Pvt. Ltd. Ltd. dan 100 persen kepemilikan langsung atas anak perusahaannya, yang secara kolektif dikenal sebagai Netmeds.

Netmeds telah melayani 5,7 juta pelanggan di seluruh India, memungkinkan mereka memesan obat resep dan obat bebas serta suplemen kesehatan melalui situs web dan aplikasinya. E-pharmacy mengalami peningkatan eksplosif dalam jumlah pembelian.

Meski demikian, beberapa analis mengatakan mungkin perlu beberapa saat sebelum Netmeds dapat menjadi bisnis yang signifikan bagi Reliance.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini