Lintasi Langit Suriah, Begini Nasib Sepasang Drone AS

Lintasi Langit Suriah, Begini Nasib Sepasang Drone AS Foto: US Navy/Chad Slattery

Sepasang drone milik Amerika Serikat (AS) jatuh setelah bertabrakan di langit Suriah, menghancurkan kedua pesawat tersebut seperti dilaporkan oleh Military Times. Penyebab dan kondisi pasti dari drone yang hancur tersebut masih belum jelas, meninggalkan rumor yang beredar.

Seorang pejabat pertahanan anonim mengatakan kepada Military Times tabrakan diduga terjadi di provinsi Idlib pada Selasa kemarin. Meskipun menjelaskan secara rinci, ia menolak mengkonfirmasi apa yang menyebabkan kecelakaan atau jenis drone yang terlibat dalam kecelakaan itu.

Baca Juga: Korut Simpan 60 Bom Nuklir dan 5.000 Ton Senjata Kimia, AS Panik!

"Apakah pesawat itu ditembak selama insiden itu juga tidak diketahui," kata pejabat itu seperti dikutip Russia Today dari Military Times, Rabu (19/8/2020).

Foto dan video yang beredar di dunia maya menunjukkan puing-puing peszawat yang jatuh dari langit dan puing-puing terbakar di tanah. Foto dan video itu menunjukkan bahwa setidaknya salah satu dari pesawat nirawak itu adalah drone jenis MQ-9 Reaper Amerika, yang digunakan untuk misi pengawasan dan bersenjata.

Namun, tanpa penjelasan resmi atas insiden tersebut, spekulasi tersebar luas di media sosial, dengan beberapa menyebut drone ditembak jatuh oleh militan yang didukung Turki, sementara yang lain menyatakan bahwa drone Rusia telah jatuh, meskipun laporan Military Times menyebut kedua pesawat tersebut sebagai mikik AS.

Tabrakan yang dilaporkan terjadi beberapa hari setelah serangan AS yang menewaskan pelatih jihadis yang berbasis di Idlib, Abu Yahyah al-Uzbeki, yang diduga bekerja sama dengan kelompok Hurras ad-Din yang terkait dengan al-Qaeda.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini