Kepincut TikTok, Tapi Facebook Malah Buat Tiktok Murka

Kepincut TikTok, Tapi Facebook Malah Buat Tiktok Murka Kredit Foto: Unsplash/Solen Feyissa

Facebook semakin kepincut dengan TikTok, sekaligus membuat mereka murka. Setelah merilis fitur Instagram Reels beberapa waktu lalu, media sosial besutan Mark Zuckerberg itu juga memasukkan fitur video pendek di aplikasi utamanya tersebut.

Mengutip situs TechCrunch, Senin, 17 Agustus 2020, Facebook mengonfirmasi sedang mengujicoba fitur barunya itu di aplikasi utama untuk India. Seperti diketahui, negeri Bollywood tercatat sebagai pasar terbesar Facebook.

Baca Juga: Pengguna Instagram Siap-siap, Facebook Bakal Susupi...

Dalam sebuah tangkapan layar, terlihat kolom khusus 'Short Video' di News Feed. Pada bagian atasnya ada tombol 'Create' yang akan membuka kamera Facebook. Menurut juru bicara Facebook, uji coba dilakukan untuk mempelajari bagaimana pengguna mengekspresikan diri.

"Kami sangat akui jika video pendek sangat populer saat ini, dan kami mencoba cara baru untuk memberikan pengalamanan agar orang terhubung, membuat, dan berbagi dengan Facebook," ungkap sang juru bicara.

Baca Juga: Bukan TikTok, Facebook dan Snapchat Incar Aplikasi Video Ini!

Facebook juga telah mengujicoba Instagram Reels di India beberapa waktu lalu. Pengetesan fitur baru Instagram dilakukan tak lama setelah pemerintah setempat memblokir akses TikTok.

Instagram Reels bisa digunakan untuk membuat dan mengunggah video pendek berdurasi 15 detik. Fitur ini mirip TikTok karena konten bisa ditambahkan musik atau audio lainnya. Kemiripan lainnya adalah adanya tambahan tools untuk mengedit.

Salah satunya adalah countdown timer dan alat lainnya yang digunakan sebagai pengatur kecepatan video. Instagram Reels hadir pertama kali di Brasil, dan sejak saat itu, platform milik Facebook tersebut langsung melakukan pembaruan fitur berdasarkan respons yang diterima dari pengguna.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini