Parpol Mestinya Awasi Tahapan Coklit di Daerah dengan Alasan...

Parpol Mestinya Awasi Tahapan Coklit di Daerah dengan Alasan... Kredit Foto: Antara/Rafiuddin Abdul Rahman

Tak hanya dilaksanakan oleh penyelenggara pemilu saja, seharusnya tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih untuk pemilihan tahun 2020 juga bisa diawasi oleh partai politik. Pengawasan ini dianggap penting dalam rangka memastikan tahapan ini benar-benar dilakukan dengan benar dan akurat.

Hal itu diungkapkan Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini ketika menanggapi adanya temuan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) tentang data janggal pada tahapan Coklit data pemilih di Pilkada 2020.

Menurutnya, parpol menjadi salah satu yang bisa mengecek secara langsung tentang proses tersebut.

"Bisa dioptimalkan untuk memastikan bahwa data yang dimutakhirkan KPU itu sudah benar dan mutakhir," kata Titi saat dihubungi wartawan, baru-baru ini.

Dalam rangka mewujudkan daftar pemilih tetap (DPT) yang berkualitas, valid, akurat, dan komprehensif, katanya, perlu keterlibatan semua pemangku ada kepentingan. Di samping itu, KPU juga diharapkan bisa terbuka terkait penyusunan daftar pemilih ini.

"Pemilih yang memenuhi syarat harus terinformasi dengan baik tentang proses pendaftaran pemilih," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini