Harga Rokok Naik Tahun Depan? Ini Jawaban Sri Mulyani

Harga Rokok Naik Tahun Depan? Ini Jawaban Sri Mulyani Foto: Sufri Yuliardi

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) masih mengkaji mengenai kebijakan kenaikan cukai rokok yang akan dilakukan pada tahun 2021. Hal ini seiring untuk mengurangi konsumsi rokok dan jumlah perokok di dalam negeri.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan kenaikan tarif cukai rokok ini belum menjadi fokus utama pemerintah. Pasalnya, pemerintah masih memfokuskan untuk pemulihan ekonomi di tahun 2021 dampak pandemi virus covid-19.

Baca Juga: Sri Mulyani: Pertumbuhan Ekonomi Bergerak ke Arah Negatif

"Untuk cukai saya tidak tahu. Kalau ada pertanyaan spesifik kapan rate naik dan lain-lain saya tidak akan jawab sekarang karena fokus kita kepada keseluruhan APBN jadi saya tidak akan masuk ke dalam satu hal yang sangat spesifik," kata Sri Mulyani dalam video yang diunggah Kementerian Keuangan, Sabtu (15/8/2020).

Dia mengakui bahwa penerimaan cukai pada tahun ini hanya tumbuh 36,5%, lebih rendah dibandingkan dengan penerimaan tahun-tahun sebelumnya. Salah satu yang berpengaruh besar dalam penerimaan cukai, adalah cukai rokok.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini