Menaker Minta Industri Musik Terapkan Standar Kompetensi Kerja

Menaker Minta Industri Musik Terapkan Standar Kompetensi Kerja Foto: Sufri Yuliardi

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah meminta para pelaku industri permusikan menerapkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

"SKKNI bidang musik, selain sebagai salah satu tolok ukur penyiapan SDM berdaya saing, juga sebagai salah satu bentuk upaya meningkatkan mutu dari permusikan Indonesia," kata Ida, Jumat (14/8/2020).

Baca Juga: Menaker Klaim Buruh yang Di-PHK Sudah Bisa Bekerja Lagi

Politikus PKB ini mengakui meski saat ini industri musik menjadi salah satu industri yang sangat terdampak oleh pandemi Covid-19 di seluruh belahan dunia, namun pemerintah cukup optimistis pemulihan sektor industri musik ini dapat segera dilakukan melalui pendidikan dan pelatihan berbasis kompetensi.

"Pendidikan dan pelatihan berbasis kompetensi akan dapat dilakukan dengan baik, apabila kita memiliki standar kompetensi kerja, seperti SKKNI yang diserahkan pada hari ini," ujarnya.

Ida berharap, SKKNI di bidang seni musik yang telah diserahkan dapat diimplementasikan, baik di lembaga diklat, dalam pelaksanaan sertifikasi kompetensi bidang permusikan, dan pengembangan SDM di bidang permusikan.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini