Hagia Sophia Jadi Klaster Baru Turki, Jumlah Kasusnya Tembus...

Hagia Sophia Jadi Klaster Baru Turki, Jumlah Kasusnya Tembus... Foto: REUTERS/Murad Sezer

Hagia Sophia menjadi klaster baru Covid-19 di Turki, usai pelaksanaan salat Idul Adha. Para profesional kesehatan menilai tercatatnya kasus positif di Hagia sophia karena tindakan pencegahan yang tidak diikuti secara ketat selama pelaksanaan ibadah.

Pada 24 Juli 2020 lalu, sekitar 350.000 orang memadati Hagia Sophia dan daerah disekelilingnya.

Baca Juga: Ya Allah! 500 Jemaah Salat Jumat Hagia Sophia Positif Covid-19

Hagia sophia kembali dipadati usai tengara era Bizantium menjadi masjid lagi setelah sebelumya berfungsi sebagai museum selama beberapa dekade.

Beberapa dari 500 tamu di dalam masjid, termasuk anggota parlemen dan juga jurnalis, telah didiagnosis positif Covid-19, karena kurangnya jarak sosial dan penggunaan masker.

Jumlah kasus Covid-19 di Turki mulai mencatat peningkatan dan telah melebihi angka 1.000 setelah kegiatan Idul Adha.

Keputusan pemerintah untuk menahan angka kasus positif dalam perawatan intensif dan mereka yang diintubasi telah meningkatkan kembali kekhawatiran masyarakat mengenai virus corona di negara itu.

Dikutip dari Arab News, para profesional kesehatan mengatakan pandemi telah memburuk sekitar pada bulan lalu.

Pembukaan Hagia Shopia untuk pelaksaan salat tanpa ada tindakan pencegahan yang tepat dan tegas adalah alasan dari lonjakan kasus tersebut.

"Setelah pembukaan Hagia Sophia, kami juga mendengar banyak kasus di kalangan politisi," kata seorang dokter.

Namun, para politisi itu dapat mengetahui positif sejak awal sebelum gejala muncul karena menjalani pemeriksaan rutin setiap tiga hari untuk memastikan mereka sehat.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini