Hari Ini Jokowi Sampaikan Pidato Kenegaraan dan RAPBN 2021

Hari Ini Jokowi Sampaikan Pidato Kenegaraan dan RAPBN 2021 Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay/Pool

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan pagi ini akan menyampaikan pidato kenegaraan di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD, Jakarta, Jumat (14/8/2020). Presiden akan menyampaikan dua kali pidato kenegaraan.

Pertama, pada pukul 08.58 WIB, Jokowi akan menyampaikan pidato kenegaraan dalam rangka menyampaikan laporan kinerja lembaga-lembaga negara. Pidato disampaikan dalam sidang tahunan MPR RI.

Kedua, pada pukul 09.28 WIB mantan Gubernur DKI Jakarta itu akan menyampaikan pidato kenegaraan dalam rangka HUT RI ke-75 dalam sidang bersama DPD RI-DPR RI.

Baca Juga: Gibran-Bobby Maju Pilkada, Amien Rais: Nepotisme Jokowi Memalukan

Baca Juga: Ketika Jokowi Belain Duo F: Beda Politik Bukan Musuh

Ketiga, Presiden akan berpidato terkait APBN Tahun Anggaran 2021 dan penyampaian nota keuangan. Dalam kesempatan ini, Ketua DPR RI juga bakal berpidato sekaligus membuka masa persidangan I DPR tahun sidang 2020-2021. Sidang tahunan 2020 ini akan berakhir sekitar pukul 16.00 WIB.

Sementara itu MPR telah mempersiapkan secara matang penyelenggaraan Sidang Tahunan MPR pada 2020. Sidang yang digelar tersebut dipastikan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

"Kami sudah melakukan geladi bersama-sama dan juga dengan Sekretariat Negara. Jadi, intinya kita sudah mempersiapkan tata cara persidangan," ujar Sekretaris Jenderal MPR Ma'ruf Cahyono.

Persiapan tersebut telah mendekati final, baik secara teknis dan administratif. Teknis Sidang Tahunan MPR yang disiapkan, misalnya membatasi jumlah anggota MPR dan menjaga jarak aman.

"Tidak seperti di masa normal. Sekarang ini sangat terbatas," tutur Cahyono.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini