PGN Siap Pasok Kebutuhan Gas untuk UMKM

PGN Siap Pasok Kebutuhan Gas untuk UMKM Foto: Antara/Muhammad Adimaja

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) berkomitmen menyediakan sumber energi yang bersih dan ekonomis di berbagai sektor ekonomi kecil menengah (UMKM) untuk menunjang pembangunan ekonomi Indonesia.

Sekretaris Perusahaan PGN, Rachmat Hutama, mengungkapkan bahwa UMKM merupakan bagian dari segmen usaha distribusi PGN dengan menggunakan moda distribusi pipa maupun nonpipa. PGN menargetkan untuk meneruskan pemanfaatan gas bumi ke UMKM, khususnya di wilayah yang memiliki tingkat daya beli lebih tinggi.

Baca Juga: PGN Terus Ekspansi Jaringan Gas di Kawasan Industri

Ia mengatakan, UMKM tergolong sebagai Pelanggan Kecil (PK) PGN karena termasuk pelanggan yang memanfaatkan energi gas bumi tidak hanya untuk kebutuhan rumah tangga, tetapi juga untuk usaha komersial, di antaranya bergerak di bidang kuliner, bahan baku makanan, laundry, kerajinan, dan sebagainya.

"Pada prinsipnya, PGN ingin meningkatkan kemampuan UMKM di berbagai wilayah dapat mandiri dan berdaya saing sehingga mampu menunjang pembangunan ekonomi berkelanjutan. Dengan performa gas yang mengalir 24 jam dan harganya yang lebih terjangkau akan mampu meningkatkan produktivitas dan efisiensi biaya," ungkap Rachmat di Jakarta, Selasa (11/8/2020).

Lebih lanjut, Rachmat menjelaskan bahwa efisiensi biaya energi dapat menunjang peningkatan produksi dan pengembangan usaha sehingga bisa menyerap lebih banyak tenaga kerja. Adanya energi gas bumi ke pelanggan UMKM diharapkan mampu menjadi stimulus baru bagi perkembangan perekononian yang berkelanjutan.

"Kami membuka kesempatan yang sebesar-besarya bagi pegiat UMKM lain yang berminat untuk menggunakan gas bumi sebagai bahan bakar. Harapannya, bagi UMKM pengguna gas bumi dapat makin berkembang usahanya sehingga bisa memajukan perekonomian," jelasnya.

Selain menjaga kelancaran penyaluran gas, PGN juga memberikan edukasi kepada pelanggan terkait dengan keamanan dan pemakaian gas yang tepat.

"PGN konsisten memberikan simulasi dan edukasi sebelum gas tersambung, serta dilakukan serangkaian tekanan di pipa gas. Hal ini dilakukan agar pelanggan mendapatkan sumber energi yang efisien, praktis, dan aman," imbuh Rachmat.

Wilayah kegiatan usaha distribusi PGN, termasuk untuk UMKM, dikelola oleh Sales Area di berbagai daerah. Saat ini, PGN memiliki 19 Sales Area yang menjalankan kegiatan usaha distribusi dan niaga yang tersebar di berbagai wilayah di antaranya di Jabodetabek, Palembang, Lampung, Batam, Riau, Pekanbaru, Dumai Medan, Cirebon, Cilegon, Semarang, Pasuruan, Sidoarjo, Tarakan, hingga Sorong.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini