Kisah Orang Terkaya: Phil Knight, Sang Founder Sepatu Nike

Kisah Orang Terkaya: Phil Knight, Sang Founder Sepatu Nike Foto: REUTERS/Steve Dipaola

Para penggemar Nike mungkin tak asing lagi dengan Phil Knight. Ia adalah pendiri Nike, Inc., yang merupakan pemasok sepatu dan pakaian atletik terbesar di dunia. Kini, ia menduduki posisi orang terkaya ke-25 dunia versi majalah Forbes.

Memiliki hobi berlari, itulah awal mula ia mendirikan Nike. Ia bahkan sempat dijuluki "orang paling kuat dalam olahraga" oleh Sports Illustrated, meski Knight bukanlah olahragawan atau pemilik tim olahraga.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: David Thomson Pemilik Media Reuters

Namun, banyak pihak setuju bahwa ia memiliki pengaruh kuat di dunia olahraga. Dia selalu memiliki minat dalam berlari dan merupakan pelari jarak menengah di University of Oregon (UO) di Eugene saat ia masih berkuliah.

Phil Knight lahir pada tanggal 24 Februari 1938, ia adalah seorang putra pengacara yang menjadi penerbit surat kabar, William W. Knight dan istrinya Lota. Ayahnya adalah orang mendorong Phil Knight untuk tumbuh melebihi batas kemampuannya.

Sejak bersekolah di Cleveland High School di Portland, dia sudah suka berlari dan menjadi anggota kunci dari tim lari.

Setelahnya, Knight melanjutkan studi ke Universitas Oregon (UO) di Eugene di mana dia terus berlari. Di sana ia bertemu dengan pelatih trek legendaris Bill Bowerman. Bersama Bowerman, Knight dilatih sebagai pelari jarak menengah di kampusnya.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini