Menhub Beberkan karena Corona Bisnis Maskapai Terancam Bangkrut

Menhub Beberkan karena Corona Bisnis Maskapai Terancam Bangkrut Foto: Antara/Galih Pradipta

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menilai wabah Covid-19 mengancam bisnis maskapai. Bahkan menuju kebangkrutan. 

BKS-sapaan akrab Budi Karya memperkirakan, kerugian bisnis transportasi di seluruh moda bisa sampai 30 persen. Sementara, di sektor udara penurunan pendapatan maskapai bisa 50 persen bahkan lebih.

Baca Juga: Utang Makin Menggunung, Menkeu Malaysia: Kami Tidak Bangkrut!

"Pandemi merupakan masa suram bagi berbagai bisnis, termasuk transportasi. Bahkan transportasi dan logistik merupakan sektor paling dalam yang alami masalah. Transportasi mengalami situasi parah," katanya dalam acara webinar bersama Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Selasa (11/8).

Eks Dirut Angkasa Pura ll ini menjelaskan, pembatasan sosial berskala besar (PSBB) menjadi salah satu penyebab bisnis maskapai mengalami turbulensi hebat karena membuat operasional maskapai dibatasi. 

Apalagi, saat ini juga walaupun memasuki masa new normal belum banyak orang yang mau terbang karena masih takut dengan ancaman virus corona. BKS menjelaskan, penurunan tajam maskapai bisa dilihat sejak Maret sampai kuartal ll ini.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini