Bintang Jasa untuk Duo Lidah Pahit, Cara Jokowi Kunci Pengkritik?

Bintang Jasa untuk Duo Lidah Pahit, Cara Jokowi Kunci Pengkritik? Foto: Antara/Saiful Bahri

Rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan penghargaan Bintang Mahaputra Nararya kepada dua orang yang selama ini kerap mengkritiknya, Fadli Zon (FZ) dan Fahri Hamzah (FH), mendapat sorotan banyak pihak. Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin menilai bisa saja tujuan pemberian penghargaan Bintang Mahaputra Nararya itu untuk menjinakkan para pengkritik.

Baca Juga: Duo Lidah Pahit Diberi Bintang Jasa, Pak Jokowi, PA 212 Juga Dong

Baca Juga: Hari Ini Jokowi Tinjau Uji Coba Vaksin Pertama di Bandung

"Itulah pemerintah. Bisa saja memberi penghargaan itu cara halus untuk menjinakkan para pengkritik. Atau bisa juga untuk mendapatkan poin dari masyarakat. Karena yang mengkritik saja dapat penghargaan," ujar Ujang Komarudin kepada SINDOnews, Selasa (11/8/2020).

Ujang berpendapat, hal tersebut bagian dari bagi-bagi penghargaan saja. "Aneh memang. Karena saat ini kan FZ tak sekritis dulu. Karena saat ini Gerindra partai yang menaunginya juga ada dalam barisan pendukung pemerintah," ungkap pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia ini.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini