Taipan Hong Kong Ditangkap, Saham Perusahaannya Malah Melonjak!

Taipan Hong Kong Ditangkap, Saham Perusahaannya Malah Melonjak! Foto: Twitter/hongkongpen

Pendiri surat kabar pro-demokrasi Hong Kong Apple Daily, Jimmy Lai ditangkap dengan polisi menggerebek kantor pusat surat kabar tersebut pada hari Senin kemarin. Kasus ini terkenal di bawah undang-undang keamanan nasional baru Hong Kong.

Dilansir dari Forbes di Jakarta, Selasa (11/8/2020) Pria 71 tahun itu ditangkap bersama dengan putra tertuanya, Timothy, dan putra keduanya, Ian beserta empat eksekutif perusahaan lainnya. Polisi mengatakan penangkapan itu lantaran pelanggaran termasuk kolusi dengan negara asing yang membahayakan keamanan nasional.

Baca Juga: Dituduh Sekongkol dengan Asing, Taipan Hong Kong Ini Ditangkap

Sang maestro mediaini  telah lama menjadi pendukung kampanye demokrasi di kota yang diperintah China itu dan seringkali menjadi kritikus vokal terhadap Beijing.

Undang-undang keamanan nasional yang baru mulai berlaku 30 Juni ini secara luas dipandang sebagai sarana untuk membungkam perbedaan pendapat di bawah kekuasaannya yang luas untuk menegakkan kejahatan pemisahan diri, subversi, terorisme, dan kolusi dengan negara asing.

Otoritas Beijing dan Hong Kong telah berulang kali bersikeras bahwa undang-undang tersebut hanya akan menargetkan minoritas yang sangat kecil orang dan membawa stabilitas setelah protes pro-demokrasi yang berkepanjangan tahun lalu.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini