Indef: It's a Win-Win Solution untuk Bank dan Nasabah

Indef: It's a Win-Win Solution untuk Bank dan Nasabah Foto: Antara/Rahmad

Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan rencana merger empat entitas keuangan syariah afiliasi BUMN, yang terdiri atas tiga bank umum syariah (Bank Syariah Mandiri, BRI Syariah, dan BNI Syariah), dan satu unit usaha syariah (BTN Syariah), akan terjadi Februari 2021.

Kepala Cenfre of Islamic Banking, Economics and Finance (Cibef) Indef, Fauziah Rizki menyampaikan, rencana konsolidasi bank-bank syariah milik BUMN merupakan suatu hal yang positif bagi perbankan pelat merah tersebut dan tentunya juga bermanfaat untuk nasabah itu sendiri.

Sebab akan ada modal inti yang bersatu dan tentunya akan ada modal yang kuat untuk investasi IT, salah satunya transaksi online banking akan meningkat.

Baca Juga: Bank Syariah BUMN Merger, Sahamnya Harus Dikuasai Pemerintah

Baca Juga: RI Mendekat Lubang Resesi, Apa Siasat Erick Thohir?

"Supaya customer experience dalam bertransaksi online pakai mobile banking meningkat. Sudah menjadi rahasia umum kalau transaksi mobile banking di bank syariah belum sememuaskan transaksi mobile banking di bank konvensional," ujar Fauziah saat dihubungi, Selasa (11/8/2020).

Fauziah menjelaskan, khususnya di era pandemi Covid-19 seperti ini, tren penggunaan transaksi online sedang tinggi-tingginya karena ke depannya memang digitalisiasi ekonomi akan semakin tumbuh pesat

Dengan demikian, bank syariah harus mengambil kesempatan tersebut terutama dalam investasi dan inovasi yang masif dalam IT. Sehingga nasabah yang ada bisa semakin puas dengan pengalaman bertransaksi di mobile banking.

"Terlebih lagi akan lebih baik jika ada penambahan modal sehingga BUMN bank syariah yang terbentuk nanti bisa masuk ke bank buku IV. Dengan masuk buku IV, pengguna dompet online seperti GoPay, OVO, dana, dan lainnya yang selama ini menunggu-nunggu cabang syariah dari dompet online tersebut, misal GoPay Syariah, OVO Syariah, dan DANA Syariah," ujar Fauziah.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini